Jangkau Warga di Gang Sempit, Bripka Hafit Ubah Motornya Jadi Watercanon Disinfektan

HEADLINE UMUM

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Berawal dari niat baik untuk membantu memberantas penyebaran virus Covid-19 di gang-gang sempit, Bripka Afit anggota Polres Metro Jakarta Pusat yang saat ini dipercaya menjadi asisten pribadi Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Arie Ardian (sebelumnya menjabat sebagai Wakapolres Metro Jakarta Pusat) membuat inovasi.

Afit memodifikasi motor pribadinya sebuah sekuter matik menjadi kendaraan penyemprot cairan disifenktan agar bisa menjangkau gang-gang sempit. 

 “Saya terinspirasi dari kendaraan water cannon, cuma kan kendaraan itu hanya bisa dipakai di jalan-jalan besar, sedangkan sebagian besar penduduk Jakarta itu kan tinggalnya di gang-gang kecil. Makanya saya ciptakan motor ini, kendaraan motor saya sehari-hari dimodifikasi ya,  mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat,” kata  Afit kepada wartawan, Rabu (8/4/2020).

 Dibantu warga dan Karang Taruna, Afit memodifikasi Honda Beat hitam miliknya. Ia pun merogoh koceknya sendiri agar niat baik itu segera terwujud. Tak butuh waktu lama, motor yang biasa dipakai bekerja sehari-hari kini bisa dimanfaatkan menjadi penyemprot disifektan.

“Begitu jadi saya coba menyemprot di kawasan Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur. Tabung penyemprotan ada di belakang di kanan kirinya itu buat nyemprot. Sebenarnya kalau di gang kan bisa pakai manual, tapi kalau pakai ini kerjanya lebih efisien dan muat banyak cairan yang disemprotkannya. Untuk satu RW saja bisa memakan waktu setengah hari kalau manual, Dengan kendaraan ini, alhamdulillah satu sampai dua jam itu sudah selesai semua,” tambah Hafit.

Sebelumnya, Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Arie Ardian juga berpesan kepada anggotanya agar bisa melakukan inovasi di masyarakat guna memutus mata rantai virus Corona.

“Awalnya ini tantangan bagi saya dalam setiap amanatnya saat apel,” tutur Afit.
Saat ini penyemprotan disinfektan tersebut baru dilakukan di daerah tempat tinggalnya, dan ia berencana untuk melakukan penyemprotan di daerah lain sesuai permintaan wilayah yang membutuhkan. Selain itu, ia juga berencana untuk membuat beberapa kendaraan lagi agar dapat dipinjamkan dan digunakan oleh rekan anggota kepolisian yang lain.  

Dalam kesempatan itu, Hafit juga berharap agar masyarakat bisa mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah serta menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). 

“Selalu hati-hati dengan wabah ini karena ini bukan main-main, perlu ada perhatian dari masing-masing individu. Kalau bukan kita ya siapa lagi yang memutus penyebaran ini dan kalau bukan sekarang, kapan lagi? Itu saja sih,” tutup Afit. (Nugraha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *