Layanan di Satpas SIM Polda Metro Dipastikan Sesuai Protokol Kesehatan

HEADLINE UMUM

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Kasie Satpas SIM Subdit Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kompol Hedwin Lalu Hanggara menegaskan, pihaknya sudah menjalankan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Hedwin mengaku, jika nanti wilayah hukum Polda Metro Jaya memasuki New Normal pihaknya sudah persiapkan Sarana dan Prasaran pelayanan bagi para pemohon yang ingin membuat SIM baru.

Misalnya, pemohon SIM mobil maka di dalam mobil ujian praktek sudah diberikan sekat agar tidak kontak fisik secara langsung. Sedang untuk sepeda motor hanya dilakukan pengawasan melalui monitor E-Drive.

“Ya ini bukan hanya sekat doang jadi ada beberapa item yang berkaitan dengan sistem new normal. Kan intinya meminimalisir kontak fisik antara pemnguji dan yang diuji. Jadi tidak hanya sekat saja nanti disitu ada yang E-drives, sekarang ujian praktek itu tidak perlu diawasi langsung secara fisik oleh penguji karena sistem E-Drive,” tutur dia Minggu (14/6/2020).

Dalam sistem E-Drive ini ada sensor-sensor getar yang akan mengetahui pemohon gagal dalam ujian praktek. Para pemohon hanya diberikan satu kali kesemptan dalam ujiannya katena sudah diberi kartu RFID.

“Jadi langsung mulai pakai RFID nanti penguji tinggal memonitor dari control room pakai CCTV dan aplikasi E-Drive,” tutur dia.

Hedwin menjelaskan, untuk mobil perlu adanya pengawasan agar para pemohon bisa dikontrol. Sebab, ia tidak mau ujian praktek di sana membawa petaka karena pemohon salah menginjak antara pedal gas dengan pedal rem.

“Ya mobil tetap harus ada petugas yang didalam karena kan untuk kontrol ini ya apabila terjadi sesuatu maksudnya diluar kontrol masyarakt jadi penguji masih bisa rem lah hand brake masih ada disebelah jadi masih dikendalikan bisa oleh penguji atau instruktur,” tutup dia. (Nugroho)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *