Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Tangkap 2 Pengedar Upal

PORTALKRIMINAL.ID – SURABAYA: Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Ganis Setyaningrum mengatakan pihaknya telah mengamankan dua orang pengedar upal yang pemasarannya melalui jaringan medsos.

Dua orang yang diamankan tersebut berinisial BBT (26) dan MY(43) warga Medan Utara yang sehari-harinya tinggal di Surabaya.

Menurut Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, dari tangan kedua tersangka polisi mengamankan upal pecahan 100 ribu dan 50 ribu.

“Modusnya, tersangka memindai uang asli. Lalu mencetaknya melalui printer dengan bahan kertas comfort yang mirip kertas uang asli. Untuk mengurangi kecurigaan, setiap hasil scan uang asli hanya diprint 1 – 2 kali saja,” ujarnya saat gelar ungkap kasus di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Rabu (29/7/2020).

Diungkapkan oleh Ganis, pihaknya menduga kalau menjadikan jika uang palsu milik kedua tersangka ini, kemungkinan sudah beredar ke seluruh Indonesia.

“Dalam memasarkan uang palsu yang diproduksinya, mereka menjualnya melalui media sosial Facebook. Dan sudah pernah menerima pesanan dari Medan, Palembang, Bali, Bandung, Madura, serta sejumlah kota Jawa Timur, ” jelasnya.

Sementara itu, dalam pengungkapkan tersebut diamankan barang bukti antara lainDari keduanya, polisi mengamankan uang palsu sekitar Rp 20 jutaan. Dan mereka akan dijerat Pasal 36 ayat (1), (2),(3) Jo pasal 26 ayat (2) UURI Nomor 7 tahun 2011 tentang Mata Uang dengan ancaman 10 tahun penjara.(yudhie)

Leave a Reply