UMUM  

Polda Metro Tangkap 7 Perusuh Saat Demo di DPR, 5 Anggota Anarko

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Polda Metro Jaya menangkap tujuh orang, lima diantaranya anggota anarko, atas tuduhan rencana membuat kerusuhan pada aksi demo buruh dan mahasiwa saat Sidang Tahunan DPR/MPR, Jumat (14/8/2020).

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan lima dari tujuh pelaku adalah anggota anarko, berencana akan melakukan kerusuhan dengan menyiapkan bom molotov untuk melancarkan aksinya menentang RUU Omnibis Law Tenaga Kerja.

“Dari 7 orang yang diamankan itu, 5 orang adalah bagian kelompok Anarko Sindikalis. Dimana satu diantaranya adalah perempuan,” kata Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Sabtu (15/8/2020).

Menurut Yusri, pada saat itu memang ada perencanaan. Ada botol yang diramu diisi dengan sumbu sapu tangan dan bahan bakar akan menjadi bom molotov.

“Ini masih kita dalami. Keterangan awal bahwa ada perencanaan, dalam aksinya anggota anarko menyusup diantara peserta aksi demo agar tidak diketahui oleh aparat,” tutur Yusri.

“Kami akan mencari terus, apakah memang ada yang memerintahkan mereka atau mereka murni datang ke sana sendiri. Kita juga dalami untuk melihat apakah mereka ini dibayar oleh seseorang,” lanjutnya.

Setelah kita amankan, ternyata isinya anak-anak anarko yang memang sengaja membuat kerusuhan. Mereka dengan sengaja melempari petugas, baik anggota yang di lapangan maupun masyarakat umum di depan gedung DPR.

Sebelumnya, Yusri menjelaskan bahwa pihaknya sempat mengamankan sebanyak 186 orang pendemo di depan Gedung MPR/DPR yang diduga hendak melakukan kerusuhan, Jumat (14/8/2020).

Sampai Sabtu (15/8/2020) dari 186 orang itu, sebanyak 179 sudah dipulangkan setelah didata karena tidak terbukti hendak melakukan tindak pidana.

Ia mengatakan dari 7 orang ini, rata-rata ditemukan padanya beberapa barang bukti yang diduga untuk membuat kerusuhan saat aksi di depan Gedung DPR. (Amin)

Leave a Reply