Operasi Pendisiplinan, Kapolda Metro: Gunakan Masker Berlogo TNI -Polri

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mencopot masker yang dipakai anggotanya, karena masker tidak seragam atau tidak sesuai ketentuan dengan yang sudah ditetapkan, saat apel di depan Gedung Ditsamapta Polda Metro Jaya, Selasa (18/8/2020).

“Untuk anggota TNI Polri, kita ada masker khusus yang harus kita kenakan. Saat ini saya lihat masih banyak anggota yang masih menggunakan masker yang tidak sesuai dengan ketentuan. Saya minta nanti seluruh anggota khususnya di lingkungan Polda Metro Jaya menggunakan masker yang sama yaitu master berlogo TNI-Polri,” ucap Nana di Polda Metro Jaya, Selasa (18/8/2020).

Menurut Nana, penggunaan masker yang seragam ini merupakan salah satu upaya pendisiplinan anggota untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam kesempatan itu, Nana memeriksa anggota yang apel dan mencopot langsung masker yang tidak sesuai ketentuan yang dikenakan. Nana langsung mengganti masker anggotanya dengan masker berlogo TNI-Polri, yang sesuai ketentuan.

Ada beberapa anggota Ditsamapta dan Ditlantas Polda Metro yang menggunakan masker tidak sesuai ketentuan dan dicopot atau diganti dengan masker yang seragam oleh Kapolda Metro.

“Kamu punya masker khusus kita berlogo TNI-Polri,” kata Nana.

“Siap. Tidak punya Jenderal,” jawab si anggota.

“Coba dilepas maskernya dan ganti dengan masker kita yang sesuai ketentuan,” kata Nana sembari mencopot masker anggotanya dan menggantinya dengan masker baru berlogo TNI-Polri.

“Nanti tolong sediakan ke semua anggota, masker yang sesuai ketentuan agar semuanya seragam,” kata Nana.

Nana menjelaskan pihaknya senantiasa menekankan kepada upaya pencegahan dalam penanganan penularan Covid-19.

“Kita harus memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Ada tiga hal yang harus kita laksanakan terkait dengan hal tersebut,” katanya.

Pertama kata Nana setiap anggota harus menjaga kesehatan diri sendiri.

“Kita selaku aparat hukum atau bagian dari pelaksanaan operasi harus senantiasa menjaga kesehatan diri sendiri,” tuturnya.

Yang kedua kata Nana, setiap anggota bertanggung jawab menghindari keluarga dari Covid-19.

“Dan yang ketiga adalah karena kita bagian dari pada pelaksanaan Operasi Nusa dan Gugus Tugas, maka turut serta bertanggung jawab atas penularan corona di tengah masyarakat dan senantiasa harus mencegahnya,” kata Nana.

Ke depan, kata Nana, pihaknya akan melakukan pengawasa secara masif hingga tingkat Polres dan Polsek, agar semua anggota aktif mengedukasi masyarakat untuk mencegah penularan Covid 19.

“Kami selalu tekankan 3 M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Semua ini harus dilakukan masif, mengingat akhir-akhir ini jumlah warga yang tertular corona semakin meningkat kembali di DKI,” katanya.

Lanjut Nana, pihaknya akan tetap mengikuti Inpres Nomor 6 Tahun 2020, untuk pendisiplinan semua elemen masyarakat dalam pencegahan pandemi Covid-19. (Np)

Leave a Reply