Dirlantas Polda Metro Janji Tegur Anggotanya yang Tak Pakai Masker

PORTALKRIMINAL- JAKARTA:Satuan lalu lintas Wil Jakarta Pusat melakukan pengaturan dan pemantaun lalu lintas di hari kedua Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di TL Cempaka Putih, Jakarta Pusat pada Selasa (15/9/2020).

Melalui TMC Polda Metro Jaya foto pengaturan lalu lintas itu diunggah dengan caption ‘06.30 Satlantas Jakpus melaksanakan pengaturan lalu lintas di TL Cempaka Putih, situasi lancar’.

Sayangnya dalam foto yang diunggah oleh twitter TMC Polda Metro Jaya anggota yang mengatur lalu lintas tidak menggunakan masker. Padahal Ditlantas Polda Metro bersama dengan aparat gabungan tengah gencar operasi Yustisi dan menggalakan protokol kesehatan contohnya pakai masker dan jaga jarak.

Tentunya apa yang dilakukan oleh anggota tersebut sudah menandakan bahwa Direktorat Lalu Lintas tidak patuh dengan protokol kesehatan.

Bahkan, netizen berkomentar tidak enak terhadap foto yang beredar di sosial media tersebut seperti pemilik akun bernama @SatriajiAditya “tolong pak maskernya digunakan, minimal diturunkan kalau hendak swafoto. Jadilah pelopor bagi masyarakat tks”.

Kemudian, pemilik akun dengan nama @Ahmad_Aguung menyebutkan aparat kepolisian itu ketahuan tidak pakai masker, “wah iya ke gep wkwkwk”

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo mengaku akan melakukan penindakan secara tegas kepada anggotanya yang tidak gunakan masker tersebut saat mengatur lalu lintas.

“Akan ditegur dan ditindak,” tutur dia kepada wartawan Selasa (15/9/2020).

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti Trubus Rahardiansyah mengatakan, kurangnya komunikasi dan kombinasi secara optimal yang dikakukan oleh jajaran Direktorat Lalu Lintas menjadikan Protokol Kesehatan tidak berjalan baik.

“Operasi Yustisi itu kan menertipkan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Seharusnya mereka ini bisa menjadi contoh bagaimana masyarakat bisa memberikan penilaian operasi yustisi itu sendiri,” kata dia Selasa (15/9/2020).

Seharusnya juga anggota tersebut bisa menjadi teladan bagi masyarakat selama PSBB berlangsung yaitu menggunakan masker, dan menjaga jarak.

“Kesadaran masyarakat akan tumbuh selain adanya penegakan hukum juga adanya keteladan dari pemangku kebijakan itu sendiri,” tutup dia. (Nugroho)

Leave a Reply