Beraksi 11 Kali, Kawanan Perampok Minimarket Bersenpi Dibekuk Polda Metro

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Empat orang kawanan perampok spesialis minimarket yang sudah 11 kali beraksi dalam 2 bulan terakhir, berhasil dibekuk Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya, pada 9 September 2020 lalu di tempat persembunyiannya.

Tiga pelaku yakni RN (36), MD (21), JFH (25) dibekuk di warung remang-remang, di Pangkalan 12 di Jalan Raya Narogong, Limus Nunggal, Kecamatan Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/9/2020) malam. 

Sementara satu pelaku lainnya yakni PMH (49), ditangkap di rumahnya di Bantargebang Utara, RT 1/RW 3, Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat pada hari yang sama.

Kabid Humas Polda Metro Kombes Yusri Yunus mengatakan keempat tersangka adalah komplotan perampok spesialis minimarket lintas provinsi.

“Dari pengakuannya mereka sudah 11 kali beraksi sejak Agustus ini. Dari 11 kali aksinya itu, 4 kali dilakukan di Cikarang dan Kabupaten Bekasi, yang masuk dalam wilayah hukum Polda Metro Jaya,” kata Yusri dalam konpers di Mapolda Metro Jaya, Rabu (16/9/2020).

Sementara 7 aksi mereka lainnya kata Yusri dilakukan kawanan ini di wilayah hukum Polda Jawa Barat, diantaranya di Bogor.

“Dalam setiap aksinya mereka menggunakan mobil sewaan untuk mencari sasaran di malam hari,” ujar Yusri.

Para pelaku tambah Yusri, selalu membawa senjata api berupa airsoft gun jenis pistol dan senjata tajam berupa celurit dan sangkur, setiap beraksi.

“Modus kawanan ini, selalu menyamar sebagai pembeli ke minimaket yang menjadi sasaran pada malam hari. Saat situasi mulai sepi, salah seorang dari mereka langsung menodongkan 

senjata api dan senjata tajam ke semua karyawan minimarket. Lalu meminta korban menunjukkan lokasi brankas dan mengambil uang di dalamnya,” kata Yusri. 

Untuk 4 aksi kawanan ini yang dilakukan di minimarket di wilayah hukum Polda Metro Jaya, kata Yusri, yakni pada Selasa 25 Agustus 2020 sekitar pukul 03.30, di Alfamart Lemah Abang Raya 3, Desa Pasir Gombong, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, kemudian pada Kamis, 27 Agustus 2020 sekitar pukul 03.30, di Alfamart Cibuntu, Kampung Rawa Banteng, Desa Cibuntu, Cibitung, Kabupaten Bekasi serta pada hari yang sama yakni Kamis, 27 Agustus 2020, di Alfamart, Jalan Letjen R Suprapto, Desa Cijengkol, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi dan pada Rabu 9 September 2020 sekitar pukul 04.30, di Alfamart Kampung Pekopen Timur, Desa Lambang Jaya, Kecamatan Tambun, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 

“Dari semua aksinya ini, para pelaku minimal menggasak uang di dalam brankas Rp 10 Juta,” kata Yusri.

Untuk 7 aksi lainnya kawanan ini di wilayah hukum Polda Jawa Barat, pihaknya kata Yusri berkordinasi dengan Polda Jawa Barat.

“Kami juga masih terus mendalami kawanan ini, yang kami duga adalah pemain lama. Sangat besar kemungkinan aksi mereka sebenarnya sudah lebih dari 11 kali seperti pengakuan mereka,” katanya.

Sebagai barang bukti, menurut Yusri dari tangan pelaku disita satu pucuk senjata api jenis pistol, 3 buah senjata tajam, 3 unit mobil, 4 unit HP, pakaian yang digunakan tersangka dan uang tunai Rp 3 Juta sisa hasil perampokan.

Para perampok ini kata Yusri akan dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan yang ancaman hukumannya hingga 9 tahun penjara. (Naek)

Leave a Reply