Selama 2 Bulan, Polda Metro Sita 66,83 Kg Sabu

HEADLINE NARKOBA

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Selama dua bulan yakni periode Agustus sampai September, aparat Ditresnarkoba Polda Metro Jaya bersama Satgassus Polri dan Satnarkoba Polres Jajaran berhasil mengungkap sejumlah kasus narkoba menonjol dengan total mengamankan 16 tersangka.

Sementara barang bukti narkoba yang diamankan adalah sebanyak 66,83 kg sabu, 7.388 butir ekstasi dan bubuk ekstasi sebanyak 13,8 gram.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan semua tersangka yang terdiri dari beberapa jaringan memiliki modus sama yakni mengkamuflasekan sabu ke dalam kemasan teh China dan diselundupkan ke Indonesia melalui jalur laut dan kargo.

“Karenanya asal sabu mereka ini disinyalir dari China. Karena modusnya sama yakni mengkamuflasekan sabu ke dalam kemasan teh China,” kata Yusri di Mapolda Metro Jaya, Rabu (7/10/2020).

Ia menjelaskan bahwa beberapa dari tersangka yang dibekuk adalah hasil pengembangan dari kasus pengungkapan sebelumnya.

“Untuk berapa lama mereka sudah menyelundupkan sabu ke Jakarta ini, masih pendalaman. Namun disinyalir mereka ini sudah cukup sering melakukannya,” ujar Yusri.

Menurutnya para pelaku rata-rata mengakui memanfaatkan masa pandemi Covid-19 saat menyelundupkan sabu.

“Mereka mengira petugas akan sibuk dalam melakukan upaya pencegahan Covid-19. Namun di samping itu, petugas di lapangan juga tetap mewaspadai peredaran dan penyelundupan narkoba, serta akan tetap melakukan pengungkapan,” kata Yusri.

Ia menjelaskan dengan total jumlah narkotika yang disita, maka menyelamatkan sedikitnya 336.549 jiwa.(np)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *