Resmob Polda Metro Tangkap Pelaku Rampas HP yang Viral

PORTALKRIMINAL – JAKARTA: Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap ZO (26) pemuda pengangguran warga Jakarta Timur. Pelaku ZO merampas handphone milik korban MIE, warga Jalan Jambu, Kelurahan Utan Kayu Utara, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, pada Senin 20 Oktober 2020 lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan saat kejadian korban sedang memainkan HP di depan rumahnya. Namun tiba-tiba pelaku ZO yang sudah mengincar korban, melintas dengan sepeda motor dan merampas HP korban. Korban sempat mengejar, namun pelaku ZO langsung tancap gas dan berhasil kabur.

“Aksi ZO ini ternyata sempat terekam kamera CCTV warga dan viral di media sosial. Korban pun melaporkan peristiwa yang menimpanya ke pihak kepolisian. Berdasarkan laporan korban dan rekaman CCTV, petugas akhirnya berhasil mengidentifikasi pelaku,” ujar Yusri di Mapolda Metro Jaya, Rabu (28/10/2020).

Menurut Kabid Humas, pelaku ZO diamankan beberapa hari setelah adanya laporan korban. Pelaku diamankan dari kediamannya.

Dari pendalaman, kata Yusri, pelaku mengaku sudah 3 kali beraksi termasuk beraksi di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, dengan korban seorang ibu yang sedang memegang HP.

“Modusnya pelaku ini selalu merampas HP yang sedang digunakan korbannya, dengan menggunakan sepeda motor. Setelah berhasil ia langsung tancap gas, dan kabur,” kata Yusri.

Lanjut Yusri, dalam aksi pelaku pada 20 Oktober malam lalu, awalnya sekira pukul 21.00, tersangka ZO meminjam 1 unit sepeda motor Yamaha Mio warna Hijau kepada pacarnya. Alasannya ZO akan membeli makan malam ke sekitar wilayah Matraman Jakarta Timur.

“Ternyata pelaku bermaksud untuk mencari dan menentukan target serta lokasi sasaran pencurian,” kata Yusri.

Dari sana tersangka, menurut Yusri, menentukan targetnya yang berada di Jalan Bambu RT4/10, Kelurahan Utan Kayu, Kecamatan Matraman,
Jakarta Timur.

“Pelaku ini sempat bolak balik di jalan yang dianggap sepi. Korban di sana dijadikan sasaran dengan pertimbangan, saat itu keadaan cukup sepi dan aman serta tidak ada orang dewasa lain yang berada di sekitar lokasi kejadian,” kata Yusri.

Pelaku pun beraksi dan berhasil merampas handphone Xiaomi Redmi 5A warna Gold yang sedang dipegang oleh korban MIE.

“Korban sempat coba melakukan pengejaran bersama tetangga sekitar yang langsung keluar, namun tidak berhasil,” katanya.

Selanjutnya diketahui bahwa jejak pelaku terekam CCTV milik warga. Dari tangan tersangka, kata Yusri, disita barang bukti Yamaha Mio dan celana loreng yang dipakai pelaku saat beraksi.

Pelaku dijerat Pasal 362 KUHP tentang perampasan dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun. (Amin)

Leave a Reply