Polda Jatim Ciduk Pria Ancam Bunuh Mahfud MD

PORTALKRIMINALID – SURABAYA: Polda Jatim menangkap tersangka berinisial AD warga Pamekasan Jatim diduga tindak pidana menghasut orang lain untuk berbuat pidana, melakukan kekerasan.

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta mengatakan pada 1 Desember 2020 pukul 14.10 WIB, didepan pintu pagar rumah tempat tinggal Ibu Hj Siti Khotijah (Ibunda dari Menkopolhukam) di Jalan Dirgahayu No. 109, Kel. Bugih, Kec Pamekasan, Kab Pamekasan, Jatim.

“Tersangka AD diduga melakukan tindak pidana menghasut orang lain untuk berbuat pidana melakukan kekerasan, sehingga menyebabkan kedaruratan kesehatan dengan cara berteriak mengatakan: Mahfud Keluar!! Kalau Habib Rizieq di jadikan tersangka dan ditahan, bakar rumah Mahfud!! Dan Bunuh Mahfud!!*,” terang Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta didampingi Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto, Sabtu (5/12/2020).

Barang bukti yang berhasil disita jacket jumper warna abu-abu bertuliskan “AHHA”,  celana panjang Levis warna biru merk Quick Silver, kaca mata hitam bertuliskan “RB” dan 1 buah flash disk berisi rekaman bukti rekaman yang berdurasi 6 menit 37 detik dan 6 menit.

Tersangka dijerat Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 335 ayat (1) KUHP  ancaman 6 tahun Penjara.

Untuk diketahui, rumah orangtua Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) di Pamekasan, Jawa Timur, digeruduk massa, pada Selasa (1/12/2020).

Menurut keterangan keponakan Mahfud MD, Syaiful Hidayat, saat itu yang ada di dalam rumah adalah ibu Mahfud MD, Khadidjah, lalu ibu kandung Syaiful Hidayat, perawat, dan seorang pembantu.

Saat itu, keempat perempuan itu mengaku ketakutan karena massa mengancam akan membakar rumah tersebut.

“Penghuni rumah ketakutan. Massa beringas. Mereka mengancam akan membakar rumah jika Rizieq Shihab dipenjara,” kata pria yang akrab disapa Yayak

Menanggapi kejadian itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas segera menginstruksikan anggotanya untuk melakukan penjagaan di rumah orangtua Mahfud MD.

Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, seperti kejadian pengepungan oleh ratusan orang pada Selasa (1/12/2020).

Sementar itu, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, menjelaskan, dalam aksi tersebut tidak ada laporan kerusakan ataupun korban luka.

“Isu yang diusung dalam aksi terkait pemanggilan Rizieq Syihab ke Polda Metro Jaya,” terang Trunoyudo.

Berdasar video yang beredar di media sosial, nampak massa yang sebagian berkopiah dan bersarung memanggil-manggil nama Mahfud MD untuk segera keluar dari rumah. (Amin)

Leave a Reply