Polda Metro dan Kodam Jaya Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020, Antisipasi Kejahatan dan Pelanggaran Prokes

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Aparat gabungan menggelar apel Operasi Lilin untuk perayaan Natal dan Tahun Baru 2021 di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Apel dipimpin langsung Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Pangdam Mayjen Dudung Abdirachman dan Wagub DKI Ahmad Riza Patria.

Fadil menjelaskan, operasi Lilin bakal berlangsung selama 15 hari. Yakni 21 Desember sampai 4 Januari.

“Kami juga meneggakkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan tahun baru dengan aman,” kata Fadil.

Dalam pelaksanaannya, Polri mempersiapkan 83.917 personel Polri.  Lalu, 15.842 personel dari TNI serta 55.086 personel instansi terkait lainnya. 

“Personel tersebut akan ditempat pada 1.607 pos pengamanan,” jelas Fadil.

Ia menjelaskan, terdapat 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan. Yakni di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, dan pelabuhan. 

“Ini adalah agenda tahunan biasa,” ungkap Fadil.

Fadil menerangan, jangan sampai perayaan natal dan tahun baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran COVID-19. 

Ia menyebut, berdasarkan maping kerawanan, ada beberapa prediksi gangguan Kamtibmas, yang harus diantisipasi. Antara lain ancama terorisme dan radikalisme. 

Lalu, ancama sabotase, pengedaran narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasum, curas, curanmor, tawuran, balap liar dan kemacetan.

“Lalu kecelakaan lalu lintas, dan ancama bencana alam,” terang dia.

Ia pun meminta, segala ancaman ini agatr diantisipasi.

“Saya harapkan kasatwil dapat bertindak efisien dalam mengatasi gangguan yang ada,” tutup Fadil yang mengenakan masker ini. (Nugroho)

Leave a Reply