Resmob Polda Metro Gulung Penculik Elga Sentosa

HEADLINE KRIMUM

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Subdit 3 Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap IS (46), EM (40), NTS (41), SPL (40), MM (21) dan IF dugaan tindak pidana penculikan atau merampas kemerdekaan orang. Penculikan terhadap korban ES (Elga Sentosa) Jumat 25 Desember 2020 Jl. Raya Setu, Kel. Setu 2, Kec. Cipayung, Jakarta Timur.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan 6 pelaku melakukan penculikan terhadap korban dibawa ke rumah FJ di Depok, di depan rumah FJ hanphone korban diambil oleh para tersangka.

“Dalam perjalan korban dipukul oleh tersangka SPL dan hanphone di ambil oleh para tersangka,” ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Rabu (30/12/2020).

Menurut Yusri, awalnya korban ES memiliki hutang kepada AR, sebesar Rp 7.075.555.600 (tujuh milyar tujuh puluh lima juta lima ratus lima puluh lima ribu enam ratus rupiah). Setelah itu AR meberikan kuasa kepada tersangka IS dkk untuk menagih hutang kepada korban.

“Setelah itu pada hari Kamis 24 Desember 2020 sekitar pukul 23.00 WIB, AR menelpon tersangka IS lalu memberikan perintah untuk membawa korban kepada AR jika tidak mau membayar hutangnya. Selanjutnya tersangka IS menelpon tersangka EM, tersangka NTS, tersangka SPL, lalu mengajaknya untuk melakukan pencarian dan penangkapan terhadap korban,” kata Yusri.

Kemudian pada hari Jumat 25 Desember 2020 sekitar pukul 02.40 WIB tersangka IS, EM, NTS, SPL, bertemu dengan tersangka MM, dan tersangka IF dan berkumpul dipinggir jalan, disekitar perumahan kopi Cipayung Jakarta Timur, yang selanjutnya menyiapkan cara atau siasat untuk menangkap ES.

“Setelah itu tersangka NTS menelpon dan menginformasikan kepada IS bahwa ada mobil Yaris yang diduga dikendarai oleh korban keluar dari perumahaan,” ucap Yusri.

Selanjutnya tersangka IS mengejar mobil tersebut dengan menggunakan motor Vario warna hitam lalu menghadangnya dari depan. Kemudian tersangka IS dihampiri oleh EM, NTS, SPL, MM dan IF dengan menggunakan sepeda motor Mio Soul dan mobil Mazda, kemudian tersangka EM memiting leher korban dan membawanya kedalam mobil, di dalam mobil korban di pukul oleh tersangka SPL.

“Setelah itu para tersangka membawa korban dengan menggunakan mobil Mazda warna hitam ke Pasar Induk Jakarta Timur, lalu para tersangka menganti mobil dengan mobil Avanza di depan Mall Graha Cijantung, Jakarta Timur,” terangnya.

Selanjutnya korban dibawa ke Rest Area Km 34 Tol Jagorawi arah Bogor Kab. Bogor, Jawa Barat, hingga pukul 13.00 WIB untuk dipertemukan dengan AR.

Para Tersangka dikenakan Pasal 328 KUHP, Pasal 333 KUHP, Pasal 365 KUHP, Pasal 170 KUHP,  dan Pasal 335 KUHP. (Amin)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *