Siber Polda Metro Ringkus Residivis Pembuat Rekening Koran Palsu

CYBER CRIME HEADLINE

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Subdit 4 Tim Siber Polda Metro Jaya menangkap YR alias AP (31) pembuatan dokumen rekening koran palsu yang beredar di media sosial Instagram. Pelaku ternyata residivis yang baru keluar penjara karena kasus yang sama.

“Tersangka berinisial YR menawarkan pembuatan dan pengeditan mutasi rekening koran. Dia ini residivis kasus serupa yang baru keluar penjara pada Januari 2020 lalu,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Kamis (25/3/2021).

Menurut Kombes Yusri, pelaku menawarkan pembuatan rekening koran palsu melalui media sosial Instagram ditangkap Sabtu kemarin. “Harga perlembar dokumen palsu Rp 350 ribu,” ungkap Yusri.

Hasil pemeriksaan awal, motif tersangka adalah meraup dana untuk menutup kebutuhan sehari-hari. Sedangkan target yang menjadi sasarannya adalah masyarakat yang memerlukan bukti rekening koran untuk kredit rumah hingga pergi ke luar negeri.

Kemudian, Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis menambahkan biasanya yang membutuhkan rekening koran itu, mereka yang mau mengajukan kredit misalnya rumah (KPR) atau mau melakukan perjalanan ke luar negeri. Jadi ada batas nominal tertentu dan berapa kali mutasi dalam rekeningnya.

“Nah, si pelaku ini bisa memanipulasi dokumen rekening koran sehingga warga yang ingin memenuhi syarat KPR bisa langsung di-approve (disetujui) pihak bank,” ungkap Kombes Auliansyah Lubis.

Selanjutnya, Kasubdit Siber Ditreskrimsus AKBP Dhany menyampaikan tersangka spesialis membuat rekening koran palsu, agar nominalnya dinaikan.

“Mutasi akta rekening koran palsu dibuat sesuai pesanan, seperti perjalanan ke luar negeri sebagai jaminan,” terang Dhany.

Tersangka YR dijerat dengan Pasal 32 Ayat (1), Pasal 48 Ayat (3), Pasal 35 Undang-Undang ITE, dengan ancaman penjara 12 tahun. (Amin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *