Azis Syamsuddin Masuk Daftar Cegah di TPI Darat, Laut dan Udara se-Indonesia

HEADLINE KORUPSI

PORTALKRIMINAL ID – JAKARTA: Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM telah menerima permohonan KPK dan memasukan nama Azis Syamsuddin dalam daftar Cegah, sejak Selasa (27/4).

“Pencegahan bepergian ke luar negeri berlaku selama 6 bulan dan diperpanjang 6 bulan berikutnya, ” kata Kabag Humas Kemenkumham Tubagus Arif Faturahman,    di Jakarta, Jumat (30/4).

Sesuai ketentuan,  daftar nama tersebut disebar luaskan ke seluruh TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) baik Darat,  Laut dan Udara di seluruh Indonesia. 

Secara terpisah, Ketua KPK Komjen Pol. Firli Bahuri mengatakan pencegahan dilakukan guna memudahkan permintaan keterangan,  jika dibutuhkan kapanpun. 

“Pencegahan dilakukan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki sesuai ketentuan perundangan, ” jelas Firli,  Jumat (30/4).

Pencegahan kepada Azis Syamsuddin,  yang kini tercatat sebagai Wakil Ketua DPR diajukan KPK ke Ditjen Imigrasi ,  Selasa (27/4).

Upaya KPK ini terkait dugaan keterlibatan Politisi Senior Golkar dalam kasus gratifikasi oknum penyidik KPK AKP. Stepanus Robin Pattuju. 

Disebutkan Firli, Azis diduga yang memperkenalkan Walikota Tanjungbalai dengan Oknum Penyidik KPK. 

Diduga Oknum Penyidik KPK telah menerima gratifikasi sebesar Rp1,3 miliar dari yang dijanjikan Syahrial sebesar Rp1,5 miliar guna membantu pengurusan perkara korupsi,  yang melibatkan Walikota Tanjungbalai.  (ahi) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *