Kampung Ambon Cengkareng Digerebek, Polisi Sita Sabu dan Senpi

PORTALKRIMINALID-JAKARTA: Kampung Ambon Cengkareng, Jakarta Barat, dikenal tempat peredaran dan penyalahgunaan narkoba digerebek petugas gabungan Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Barat. Pada penggerebakan berlangsung Sabtu (8/5/2021) siang, sekitar 50 orang diamankan polisi.

Penggerebekan mengejutkan warga Kompleks Taman Permata Kelurahan Kedaung Kali Angke, Kecamatan Cengkareng,  itu melibatkan 555 personel gabungan dari Ditresnarkoba, Brimob dan Sabhara Polda Metro Jaya serta Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Barat. Barang bukti disita senjata tajam, senjata api (senpi) rakitan, lima peluru tajam, kemudian ada drone, minuman keras, senapan angin dan alat timbang.

“Mereka yang diamankan sekarang masih diperiksa di Polres Metro Jakarta Barat. Kita juga akan memilah puluhan orang yang diamankan. Sebab ada juga pemilik senjata api,” jelas Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Ady Wibowo usai penggerebekan tersebut.

Menurutnya, penggerebekan itu dilakukan berawal dari laporan masyarakat terkait adanya penyalahgunaan narkoba di Kampung Ambon yang pada bulan suci Ramadhan ini mulai marak lagi.

Dijelaskan kapolres, sebelumnya polisi juga sudah melakukan profiling terhadap para pelaku penyalahgunaan narkoba tersebut.”Saat penggerebekan tidak ada yang melawan petugas. Mereka banyak yang tidak menduga melihat ratusan polisi sudah mengepung lokasi Kampung Ambon tersebut,” ujar kapolres.
Ditambahkannya, sebuah rumah bedeng diduga tempat nyabu dibongkar petugas.

Beberapa tahun silam, di lokasi itu bermunculan warung narkoba. Pernah Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Fadil Imran, saat kunjungan kerjanya ke Polsek Cengkareng Polres Metro Jakarta beberapa bulan lalu mengingatkan jajarannya agar tidak lengah dengan Kampung Ambon.
“Kita bikin rata jangan biarkan lokasi itu meriah lagi,” kata kapolda yang saat menjabat Kapolres Metro Jakarta Barat,  tahun 2014-2015 lalu pernah  memproses bandar narkoba sampai pengadilan sekaligus memiskinkan mereka. (Warto)

Leave a Reply