Bea Cukai Jayapura dan Satgas Pamtas Yonif 131/Braja Sakti Gagalkan penyelundupan Marijuana

HEADLINE NARKOBA

PORTALKRIMINAL.ID – JAYAPURA: Bea Cukai Jayapura dan Satgas Pamtas Yonif 131/Braja Sakti berhasil menggagalkan penyelundupan Narkotika Jenis Marijuana (Ganja) di Pos Pitewi-Skouwpro, Kabupaten Keerom, Papua.

Demikian disampaikan
Kepala KPPBC TMP C Jayapura Albert Simorangkir kepada para awak media, Selasa (12/5/2021).

Albert menyatakan, dalam rangka pengamanan menyambut libur Panjang Hari Raya Idul Fitri 1442H dan Operasi Ketupat DJBC, Bea Cukai Jayapura dan Satgas Pamtas RI-PNG merencanakan untuk melakukan Patroli Bersama di Kampung Pitewi–Skouwpro, Kabupaten Keerom yang dilaksanakan pada tanggal 10-15 Mei 2021.

“Patroli ini dilaksanakan guna mencegah terjadinya penyelundupan barang terlarang ke dalam wilayah NKRI melalui jalan-jalan tikus yang banyak ditemui di perbatasan RI-PNG, kata Albert.

Albert mengungkapkan, pada Selasa kemarin (11/5/2021) sekitar Pukul 07.25 WIT Pasi Intel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Braja Sakti berkoordinasi dengan Bea Cukai Jayapura untuk melaksanakan sweeping bersama di Pos Pitewi.

“Kegiatan sweeping bersama ini adalah kegiatan pengawasan bersama terhadap barang-barang terlarang yang dibawa oleh masyarakat yang melewati Pos Pitewi, Kampung Pitewi, Skouwpro, Kabupaten Keerom,” ungkap Albert.

Pada pukul 12.00 WIT, lanjut Albert Simorangkir, Pasi Intel Satgas Pamtas RI-PNG dan Bea Cukai Jayapura tiba di Pos Pitewi.

“Setelah tiba, tim gabungan yang terdiri dari Bea Cukai Jayapura dan Satgas Pamtas Yonif 131/Braja Sakti melaksanakan briefing bersama di Pos Pitewi, Kabupaten Keerom,” jelas Albert.

Sekitar pukul 18.30 WIT, tutur Albert, tim gabungan melakukan pengawasan terhadap masyarakat yang melintas melewati Pos Pitewi.

“Kemudian dari kejauhan tim gabungan melihat seseorang yang mengendarai sebuah motor dengan gelagat yang gelisah dan mencurigakan, lalu tim gabungan menghentikan motor dengan jenis Honda Beat berwarna Putih dengan Nopol PA 4482 RM dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh tim gabungan,” papar Albert.

Albert menjelaskan, tim gabungan pun memeriksa orang tersebut yang diketahui baru kembali dari PNG.

“Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap kendaraan yang bersangkutan diketahui terdapat barang yang dibawa oleh orang tersebut di dalam bagasi jok motor berupa singkong dan sagu, selanjutnya dilakukan pemeriksaan lebih dalam karena yang bersangkutan terlihat gelisah, setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan 11 bungkus barang yang diduga ganja yang disamarkan dengan singkong dan sagu tadi, lalu yang bersangkutan beserta barang bawaannya dibawa ke Pos Pitewi untuk dimintai keterangan,” beber Albert.

Albert pun mengatakan, tas barang bawaan tersebut dilakukan pengujian dengan menggunakan narcotest dan dari hasil tes tersebut didapati barang positif mengandung Marijuana (Ganja) seberat 790 gram.

“Ganja ini dapat merusak lebih dari 1000 generasi muda Indonesia,” tegas Albert.

Pada pukul 20:30 WIT, tukas Albert, dilakukan serah terima barang bukti dari Satgas Pamtas RI-PNG Pos Kampung Petiwi kepada Tim Patroli Bea dan Cukai Jayapura guna diteliti lebih mendalam dan selanjutnya akan diserahkan ke BNNP Papua guna proses lebih lanjut.

Albert menambahkan, hasil penindakan ini merupakan sinergi yang sangat baik antara Bea Cukai Jayapura dan Satgas Pamtas Yonif 131/Braja Sakti terutama dalam memberantas penyelundupan narkotika melewati jalur-jalur tikus di perbatasan RI-PNG.

“Semoga ke depannya sinergi yang baik antara aparat penegak hukum di perbatasan RI-PNG terus berjalan dan ditingkatkan menuju ke arah yang lebih baik yang tujuannya untuk menyelamatkan masyarakat terutama generasi muda khususnya di Jayapura dari ancaman penyalahgunaan narkotika,” tutup Albert Simorangkir. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *