Ini Syarat dan Biaya Bagi Pengemudi SIM yang Hilang

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Bagi pengemudi motor dan mobil wajib memiliki surat ijin mengemudi (SIM), saat mengendarai kendaraan di jalan raya. Namun, apabila pengemudi mengalami kehilangan SIM jangan khawatir untuk mengganti buat SIM yang baru.

Menurut Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, AKP Anrianto menyampaikan proses pembuatan SIM yang disebabkan karena hilang, alurnya sama seperti melakukan perpanjangan SIM.

“Bagi pemohon pembuatan SIM karena hilang, persyaratan yang harus dipenuhi adalah membuat surat kehilangan dari kepolisian,” ujar Anrianto melalui pesan tertulis, Sabtu (29/5/2021).

Lanjut Anrianto, surat keterangan tersebut wajib diurus untuk menyatakan secara resmi bahwa memang kehilangan SIM.

Selain itu, pemohon wajib membawa KTP asli sebagai salah satu syaratnya dan fotocopy SIM yang hilang untuk mempermuda petugas meng-input data.

Dengan demikian, pemohon tidak perlu menjalani berbagai tes, seperti tes teori dan tes praktik layaknya ketika membuat SIM baru.

“Kemudian pemohon juga harus menunjukkan surat kesehatan dari Dokkes Polri atau klinik yang sudah ditunjuk oleh Dokkes Polri,” terang Anrianto.

Untuk biaya yang harus dibayar, sama seperti biaya untuk perpanjangan masa berlaku SIM sesuai dengan golongan SIM tersebut, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Biaya SIM yang akan dibebankan kepada pemohon sebesar Rp 80.000 untuk SIM A. Sedangkan untuk pemohon SIM C dikenakan biaya sebesar Rp 75.000. (Amin)

Leave a Reply