30 Tahun Melayani Negara dan Masyarakat, Alumni Akpol 1991 Bagikan Ratusan Ribu Paket Sembako

PORTALKRIMINAL.ID – NTB: Gagasan dan inovasi tidak pernah berhenti dari sosok lrjen Pol Mohammad lqbal. Kapolda NTB yang juga Ketua Alumni Akpol 1991 yang dikenal Batalyon Bhara Daksa melakukan bakti sosial dan vaksinasi massal dalam memperingati 30 tahun pengabdian para alumnus sebagai anggota Polri.

Sebelumnya sebagai Kapolda NTB, di tengah-tengah pelaksanaan PPKM Darurat di Kota Mataram, lqbal sempat berbagi membantu para pedagang kaki lima dengan memborong jualan mereka berupa jajanan, bakso, kue dan jagung rebus di beberapa sudut kota Mataram.

Momen bersejarah bagi Batalyon Bhara Daksa kali ini diisi dengan vaksin massal dan berbagi sembako di masa pandemi. Bakti sosial dilaksanakan lrjen lqbal dan rekan-rekannya seangkatan (Alumni Akpol 91) di jajaran pejabat utama Polda NTB.

Menurut lqbal, vaksin massal dilaksanakan alumni Akpol 1991, pada Senin (26/7), sedangkan pembagian sembako kepada warga terdampak COVID-19 berlangsung Selasa (27/7).

“Hari ini, kami bagikan 2.500 paket sembako kepada warga sebagai ungkapan rasa syukur 30 tahun alumni Akpol 1991 bertugas melayani negara dan masyarakat, ” ujarnya usai membagikan paket bahan pokok kepada warga Kota Mataram.

Diakui mantan Kadiv Humas Polri ini, jika mengenang dan merefleksi dirinya dan teman-teman seangkatannya lulus Akpol pada Juli 1991, yaitu genap 30 tahun mengabdi, lqbal mengaku telah merasakan banyak pengalaman dan pelajaran.

Sebab itu di tengah situasi pandemi ini, lqbal mengaku alumni Akpol 1991 tidak merayakan secara ingar bingar. Pria yang lahir 4 Juli 1970 di Palembang dan rekan-rekannya memilih menggelar bakti sosial untuk masyarakat yang kesusahan pada masa pandemi.

Dijelaskannya, semua alumni Akpol 1991 di seluruh lndonesia serentak membagikan ratusan ribu paket bantuan sosial sebagai bentuk rasa syukur. Dia mengharapkan bantuan tersebut bisa meringankan beban masyarakat.

Komitmen bersama alumni Akpol 1991 ini berlangsung di seluruh lndonesia. Seperti diketahui ada empat Polda dipimpin alumni Akpol 1991, seperti Kapolda Metro Jaya lrjen Pol Fadil Imran, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad lqbal, Kapolda Sulsel Irjen Pol
Merdisyam dan Kapolda Aceh lrjen Pol Wahyu Widada yang sebentar lagi menjabat Asisten SDM Kapolri.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sendiri adalah alumni Akpol 1991 atau dikenal di angkatan kepolisian bernama Batalyon Bhara Daksa. Saat ini lulusan Akpol 1991 sudah lebih 30 di antaranya berpangkat bintang. Irjen Mohammad lqbal sendiri sudah sejak menjabat Kapolres Metro Jakarta Utara sudah dipercaya alumni Akpol 1991 sebagai ketua angkatan hingga saat ini. (Sekitar 8 tahun).

Kegiatan bakti sosial di NTB ini, lqbal membentuk tiga tim yang langsung turun ke masyarakat. Tim pertama dipimpinnya sendiri. Bersama Kapolresta Mataram Kombes Heri Wahyudi dan sejumlah perwira Polda NTB mendatangi warga yang ada di seputaran Pasar Kebon Roek dan di Jalan Adisucipto.

Adapun tim kedua dipimpin lrwasda Polda NTB Kombes Djoko Hari Utomo. Sasaran tim kedua ialah warga Dasan Agung Kota Mataram. Tim ketiga dipimpin Karo Ops Polda NTB Kombes lmam Thobroni. Sasarannya warga di Pasar Bertais.

Menurut mantan Wakapolda Jatim ini, paket sembako bukan saja diberikan kepada masyarakat di jalanan. Tapi para pasien COVID-19 pun masuk daftar penerima sembako alumni Akpol 1991.

“Warga yang sedang melakukan isolasi mandiri juga akan kami berikan bantuan sosial seperti ini, ” kata lqbal yang pernah memimpin Polrestabes Surabaya. (Nico k)

Leave a Reply