Viral Minta 1 Karung Bawang Putih ke Sopir, Oknum Polantas Diperiksa Propam Polda Metro

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Oknum anggota polisi lalu lintas (Polantas) Ditlantas Polda Metro Jaya kembali menunjukkan sikap yang kurang terpuji, meminta bawang satu karung kepada pengendara truk di sekitar Bandara Soekarno-Hatta, pada Senin (1/11/2021).

Aksi oknum tersebut sempat viral di media sosial dan diunggah melalui akun Twitter @Pasifisstate terkait oknum Satlantas Polres Bandara Soetta.

Video yang berdurasi 31 detik itu memperlihatkan salah satu pengemudi truk menyatakan bahwa dirinya kena tilang dan diminta 1 karung bawang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menyampaikan membenarkan aksi oknum polisi tersebut yang meminta bawang kepada supir truk.

“Ya memang ada beredar video viral, berdurasi 31 detik di medsos. Ada anggota Lantas Polres Bandara Soekarno Hatta, inisialnya adalah Aipda PDH,” kata Yusri kepada wartawan di Polda Metro Jaya , Selasa (2/11/2021).

“Pada 1 November yang lalu sekitar pukul setengah 18.00 sore, melakukan patroli di sekitar Jalan P2, bandara melihat ada truk,” paparnya.

Menurut Yusri, truk tersebut tidak dilengkapi surat-surat kendaraan dari Sumatera saat diberhentikan oleh petugas kepolisian.

“Truk itu dari daerah Sumatera, BG pelatnya, kemudian petugas memberhentikan dan mengecek kelengkapan surat-surat si pengemudi truk. Memang pengemudi tidak membawa surat-surat,” tuturnya.

“Yang terjadi adalah bahwa setelah diperintah berbalik arah, ada satu pelanggaran yang dibuat petugas tersebut. Atas pelanggaran itu pengemudi tidak dilakukan penilangan, tetapi ditukar dengan satu karung bawang putih. Ini yang viral di medsos,” terangnya.

Akibat perbuatan oknum tersebut, Polda Metro Jaya akan memanggil Aipda PDH untuk dilakukan pemeriksaan.

“Polda Metro Jaya telah memanggil oknum yang bersangkutan dan melakukan pemeriksaan,” katanya.

Kabid Humas menjelaskan, Kapolda Metro Jaya sudah menegaskan kepada jajarannya untuk menindak tegas terhadap anggota yang melakukan pelanggaran dan memberikan reward kepada anggota yang berprestasi.

“Kapolda Metro Jaya dengan tegas, ada punishment ada reward, anggota yang melakukan kegiatan keberhasilan, akan diberikan penghargaan. Tetapi yang melakukan pelanggaran akan diberikan punishment, hukuman,” kata Yusri.

Lanjut Yusri, Kapolda sudah bertindak terhadap oknum anggota dengan melakukan pemrosesan secara tegas terhadap jajaran yang melakukan pelanggaran.

“Yang bersangkutan sudah dilakukan pemeriksaan oleh Propam Polda dan langsung dicabut, ditarik, dipindahtugaskan ke Polda Metro bagian Bintara Yanma sementara ini, sambil menjalani pemeriksaan,” pungkasnya. (Amin)

Leave a Reply