15 Kali Beraksi, Komplotan Ganjal ATM Digulung Resmob Polda Metro

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Resmob Polda Metro Jaya menangkap 3 pelaku ganjal ATM yang beraksi di daerah Setu, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan 3 pelaku berinisial P (37) yang berperan mengganjal lubang mesin ATM dan mengganti kartu milik korban, N (41) yang mengintai dan mengintip pin ATM korban, serta N (32) berperan menyiapkan tusuk gigi untuk mengganjal ATM.

“Modus ketiga tersangka dengan berpura-pura melakukan transaksi mengambil uang di ATM. Setelah melihat ada korban yang akan mengantre, maka pelaku memasukkan tusuk gigi ke lubang ATM dan mematahkan bagian yang tidak tertelan agar tidak terlihat korban,” kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jumat (26/11/2021).

Lanjut Zulpan, korban memasukkan pin ATM, itulah kesempatan bagi tersangka lainnya mengintip.

“Setelah mengetahui pin tersebut dan korban pergi, saat itulah tersangka P melakukan penarikan saldo korban,” paparnya.

Zulpan menyebut, terdapat 15 orang nasabah yang menjadi korban kejahatan 3 tersangka tersebut. Total nilai kerugian yang dialami 15 korban tersebut mencapai Rp100 juta.

Para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dengan hukuman pidana 7 tahun penjara, atau Pasal 362 KUHP dengan ancaman pidana 5 tahun penjara. (Amin)

Leave a Reply