Cegah Varian Baru Covid-19, WNA 8 Warga Afrika Dilarang Masuk Indonesia

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Ditjen Imigrasi larang masuk warga negara asing (WNA), yang memiliki riwayat kunjungan ke-8 negara Afrika, masuk Indonesia.

“Kebijakan ini menyikapi dinamika munculnya varian baru Covid-19 B.1.1.529 dari luar Wilayah 

Indonesia, ” kata Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara, di Jakarta, Minggu (28/11).

Kedelapan negara dari Benua Afrika, adalah Afrika Selatan, Botswana, Namibia, Zimbabwe, Lesotho, Mozambique, Eswatini dan Nigeria.

Namun, Angga mengingatkan larangan itu tidak bersifat umum, dalam artian hanya mengikat bagi warga negara asing yang berkunjung ke-8 negara tersebut.

“Itu pun berlaku bagi mereka yang punya riwayat berkunjung ke negara-negara tersebut dalam kurun waktu 14 hari, sebelum masuk Wilayah Indonesia. ” 

“Penolakan kedatangan ke Indonesia diberlakukan  di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (baik Laut, Udara dan Darat, Red), ” jelas Angga. 

TANGGUHKAN

Dalam keterangannya, disebutkan pula Ditjen Imigrasi juga menangguhkan sementara pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga negara ke-8 negara tersebut.

“Aturan pembatasan masuknya orang asing serta penangguhan sementara visa bagi negara terkait mulai berlaku pada Senin, 29 November 2021. “

Sementara  untuk orang asing lainya, masih berlaku aturan pembatasan sesuai Peraturan Menkumham No: 34/ 2021.

Peraturan ini tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian Dalam Masa Penanganan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Jika masyarakat membutuhkan konsultasi lebih lanjut, kamis sarankan menghubungi 
kami melalui livechat di www.imigrasi.go.id pada hari dan jam kerja, ” akhirinya. (ahi)

Leave a Reply