Salah Paham Kopassus dengan Brimob Panglima TNI: Sudah Periksa 4 Personel

PORTALKRIMINAL.ID- JAYAPURA: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memastikan personel yang terlibat dalam bentrokan dengan personel Brimob di Tembagapura, Kabupaten Mimika, akan diperiksa dan proses hukum.

“Yang sudah diperiksa dan proses hukum ada empat orang, jadi kita serius dan kita sedang proses hukum karena memang tidak boleh,” ujar Andika di Jayapura, Rabu (1/12/2021).

Untuk proses hukum terhadap personel Brimob yang terlibat dalam insiden tersebut, Andika menyerahkan sepenuhnya kepada Kapolri.

Andika telah berkomunikasi dengan Kapolri dan berkomitmen, bila ada gesekan antarpersonel di lapangan, maka proses hukum wajib dilakukan.

“Kami juga sudah dapat info bahwa dari Polri juga sudah memproses itu, jadi sesuai dengan komitmen saya dengan Kapolri,” kata Andika.

Lanjut Panglima, semua organisasi satuan yang ditugaskan dari Mabes TNI baik tugas pokok organik maupun Satgas, akan ditempatkan di Kodim dan Koramil setempat.

“Intinya kita mengorganisir satuan tugas yang digelar Mabes TNI yang tugas pokok organik maupun satgas TNI AD ditempatkan di Kodim dan Koramil yang mempunyai tugas pokok dan fungsi melakukan pembinaan teritorial,” katanya.

Demikian juga Satgas TNI AU, ketika pangkalan udara dengan tugas pokok dan fungsi pengamanan pangkalan udara serta pembinaan kedirgantaraan dan pembinaan teritorial. Demikian juga TNI AL menjadi bagian pangkalan TNI AL dengan tugas pokok pembinaan kemaritiman dan pembinaan potensial daerah.

Sebelumnya diberitakan, Prajurit Kopassus yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Nanggala terlibat keributan dengan personel Brimob Polri yang tergabung dalam Satgas Amole di Timika, Papua, Sabtu (27/11/2021).

Keributan itu terjadi di lokasi Ridge Camp Pos RCTU Mile 72, tepatnya di depan Mess Hall, Timika.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri memastikan, bentrokan itu hanya salah paham. Berdasarkan informasi peristiwa itu bermula saat personel Satgas Amole Kompi 3 yang berada di pos RCTU Ridge Camp Mile 72 berjualan rokok. (Amin)

Leave a Reply