Kapolda Banten Perintahkan Tembak di Tempat Penjahat Jalanan Meresahkan Masyarakat

PORTALKRIMINAL.ID-SERANG: Kapolda Banten,  Irjen Pol Rudy Heriyanto menginstruksikan jajarannya melaksanakan tindakan tegas terhadap penjahat jalanan bersenjata tajam  meresahkan terutama pelaku yang membahayakan jiwa masyarakat.

“Perbuatan berandalan jalanan termasuk street crime ini tidak hanya membahayakan jiwa masyarakat, namun juga jiwa personel yang bertugas di lapangan. Maka untuk menghentikan bahaya yang ditimbulkan itu, diperintahkan jajaran untuk berani bertindak tegas, kalau perlu, tembak di tempat, ” kata Rudy, Kamis (9/12/2021).

Perintah kapolda telah disampaikan ke seluruh jajaran saat pelaksanaan analisa dan evaluasi bersama para Pejabat Utama Polda Banten dan Kapolres jajaran, pada pertemuan beberapa hari lalu.

Menurut Rudy,  keselamatan masyarakat harus jadi prioritas untuk dilindung.”Personel jangan ragu gunakan senjata api yang dimiliki guna menghentikan ancaman yang membahayakan keselamatan masyarakat dan personel sendiri,” perintah kapolda kepada personel di lapangan.  

Lebih lanjut kapolda, penggunaan senjata api oleh personel kepolisian dapat direalisasikan untuk melindungi nyawa orang lain, digunakan saat membela diri dan orang lain dari ancaman kematian dan luka berat, mencegah terjadinya kejahatan yang mengancam jiwa orang lain.

Tindakan tegas ini, sambungnya,   juga menjadi preventive-strike personel Polda Banten untuk mencegah timbulnya korban jiwa dan korban luka dari warga. “Sepanjang kita pedomani Perkap tersebut, personel Polda Banten tidak perlu takut. Selain dalam rangka melaksanakan UU, petugas kepolisian juga dilindungi UU yaitu Pasal 50 KUHP,” tambah kapolda.

Sebagaimana diketahui, pada akhir November 2021 lalu, berandalan jalanan membawa senjata tajam dan melakukan aksi di ruas Jalan Cileles-Malingping di Gunung Kencana, Lebak. Akibatnya, 3 orang terluka dan 1 di antaranya meninggal dunia. Aksi mereka viral di media sosial. (Warto)

Leave a Reply