BIN Yogyakarta Gencar Vaksinasi Massal Ciptakan Herd Community

PORTALKRIMINAL.ID -YOGYAKARTA: Salah satu kunci utama mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) yang sudah dua tahun terakhir melanda masyarakat dunia termasuk di lndonesia ternyata kegiatan vaksinasi massal.

Badan lntelijen Negara (BIN) salah satu institusi negara di bidang intelijen merasa terpanggil menggelorakan vaksinasi massal ke berbagai kelompok masyarakat baik yang berada di kota-kota termasuk desa-desa terpencil. Bahkan, BIN Provinsi DI Yogyakarta sempat melakukan jemput bola sampai ke ladang-ladang pertanian untuk vaksinasi para petani.

Mengantipasi adanya virus varian baru Omicron, BIN Yogyakarta terus melakukan vaksinasi massal agar tercipta herd community atau kekebalan komunal masyarakat. Salah satu aksi ini, Sabtu (11/12) dilakukan BIN Yogyakarta dengan menggelar vaksinasi massal sebanyak 1.000 dosis.

Menurut Kepala BIN Daerah Istimewa Yogyakarta Brigjen Pol Dr Andry Wibowo SIK saat meninjau vaksinasi massal 1000 dosis di Yogya Bay, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Diakuinya, berdasarkan data dari Our World in Data, pada Senin (6/12) lalu, lndonesia menduduki peringkat ke-5 negara dengan jumlah terbanyak vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

Menurutnya, lndonesia peringkat ke-5 setelah Tiongkok, lndia, Amerika Serikat dan Brazil.

“Peringkat ini hendaknya dipertahankan demi lndonesia sehat, ” jelas mantan Kapolres Jakarta Timur ini.

Diakuinya, berdasarkan data Kementrian Kesehatan, sudah lebih 100 juta warga lndonesia telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau dua dosis vaksinasi Covid-19.

Khusus di daerah Provinsi Daerah lstimewa Yogyakarta menurut Andry, pihaknya akan terus melaksanakan vaksinasi massal dengan bekerjasama dengan sejumlah stakeholder seperti TNI dan Polri serta Pemda Daerah lstimewa Yogyakarta.

“Saya akan berusaha semaksimal mungkin menggelar vaksinasi massal ke berbagai wilayah dan lapisan masyarakat Yogyakarta, agar penyebaran Covid-19 terus menurun dan bahkan hilang dari wilayah Yogyakarta ini, “pungkas Andry yang pernah memimpin Polres Bengkalis, Riau.

Andry yang banyak bertugas di bidang reserse ini mengaku, aksi vaksinasi massal dari BIN Yogyakarta ini salah satu bagian integral dari tugas pokok BIN dalam mengantipasi kondisi keamanan di wilayah Provinsi Daerah lstimewa Yogyakarta. (Nico)

Leave a Reply