Bakal Digunakan Malam Tahun Baru, Sabu 147 Kg Diungkap Polda Metro

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Ditresnarkoba Polda Metro Jaya bersama Dirjen Lapas dan Bea dan Cukai Bandara Soekarnohatta berhasil menggagalkan 147 kilogram sabu yang dikendalikan oleh jaringan jaringan Timur Tengah yang akan disebar untuk malam tahun baru di Tangerang, Jakarta dan Jateng.

“Sabu ini akan disebar pada malam pergantian malam tahun baru wilayah Tangerang, Jakarta dan Jateng,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Kamis (23/12/2021).

Menurut Zulpan, dari pengungkapan di dua lokasi petugas mengamankan lima tersangka berinisial W (60), FS (27), HD (36), IA (32) dan AK (34).

“Awalnya, kami mendapati ada napi di Lapas Jateng yang memesan sabu,” ucap Zulpan.

Lanjut Zulpan, petugas lalu melakukan pengembangan dan menggerebek sebuah ruko yang berada di Ruko Mega Grosir, Kemayoran, Jakarta Pusat. Dari situ, polisi mengamankan sebanyak 147,143 kilogram sabu dari tersangka berinisial W. Polisi melakukan pengembangan dan menangkap tersangka lain yang berada di hotel di kawasan Pulo Gadung Jakarta Timur.

“Barang bukti sabu disembunyikan di sebuah ruko, sehingga dari ruko itu akan dilakukan pendistribusian ke tiga daerah yaitu Jakarta, Tangerang dan Jawa Tengah,” papar Zulpan.

Sementara itu, Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juarsa mengatakan, pengungkapan semacam ini bukan kali pertama.

“Kita bersama Bea dan Cukai serta Dirjen Lapas Kemenkumham bukan kali ini saja. Ini sudah beberapa kali. Isya Allah akan ada pengungkapan lebih besar lagi,” kata Mukti.

Mukti mengatakan, pengungkapan kasus tersebut setelag petugas melakukan undercover.

“Sabu ini dari Brazil jaringan Timur Tengah. Kita undercover sampai di Jakarta,” imbuh Mukti.

Tersangka dijerat Pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) Juncto Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana mati atau pidana seumur hidup dan atau pidana kurungan paling lama penjara 20 tahun. (Amin)

Leave a Reply