Respon Usulan Gubernur Papua Barat, Panglima TNI akan Tambah 2.000 Pasukan

PORTALKRIMINAL.ID – MANOKWARI: Panglima TNI Jenderal Andika merespons usulan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan. Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa berencana akan menambah pasukan TNI AD sebanyak 2.000 tamtama  melalui program afirmasi Otonomi Khusus (Otsus) Tahun Anggaran 2022.

Dominggus Mandacan meminta penambahan sebanyak 1.000 tamtama TNI AD kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat melakukan kunjungan kerja ke Manokwari, Papua Barat. 

Menurut Andika, penambahan kekuatan di wilayah Papua Barat masih sangat dibutuhkan. Karena itu, ia bukan saja hanya akan menambah 1.000 prajurit, melainkan menawarkan lebih dari usulan Gubernur Papua Barat menjadi 2.000  tamtama.

“Meski bukan sebagai pemilik kewenangan, karena pemilik kewenangan untuk menambah kekuatan adalah Menteri Pertahanan (Menhan), tapi saya akan bantu mendorong agar tahun depan Papua Barat ada tambahan 2.000 tamtama Otsus,” kata Andika melalui keterangannya, pada Kamis (23/12/2021).

Jenderal Andika menuturkan, alasan Papua Barat perlu ada penambahan pasukan yang cukup banyak karena untuk TNI AD di Papua Barat masih sangat jauh dari 100 persen kekuatan.

Saat ini, kata Jenderal Andika, kekuatan TNI AD di Papua Barat baru sampai 35 persen. Menurut Panglima TNI, sudah saatnya Papua Barat sejajar dengan daerah lainnya di luar pulau Papua

“Kekuatan nyata TNI AD di Papua Barat saat ini baru 35 persen, sementara kebutuhan kita di sini harus 100 persen,” ujarnya.

Adika menambahkan, memang harus ada percepatan penambahan pasukan di wilayah Papua Barat. Dia menilai tidak bisa perekrutan sebatas hanya mengandalkan program rekrutmen rutin tiap tahun karena kuotanya sedikit.

“Jadi inisiatif Gubernur yang sangat bagus ini saya pun akan mendorong, sehingga kekurangan 65 persen kekuatan TNI AD di Papua Barat perlu percepatan penambahan mulai tahun depan minimal di atas 50 persen,” ujarnya. 

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Hetty Andika Perkasa melaksanakan kunjungan Kerja (Kunker) perdananya di Manokwari. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kunker ke wilayah Timur Indonesia.

Pada kesempatan pertama menginjakkan kaki di Manokwari, Panglima TNI langsung menuju lokasi vaksinasi yang digelar oleh Kodam XVIII/Kasuari, dilapangan Borasi, Manokwari, Papua Barat, pada Rabu (22/12/2121).

Vaksinasi tersebut dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-5 Kodam Kasuari, selain itu di tempat yang sama juga digelar pameran Alutsista TNI AD dan pameran UMKM.

Kedatangan orang nomor satu di tubuh TNI dan istri tersebut disambut langsung oleh Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan beserta para unsur Forkopimda Papua Barat, para pejabat Kodam XVIII/Kasuari di Bandar Udara (Bandara) Rendani, Manokwari.

Saat wawancara dengan media, Panglima TNI menyampaikan kunjungannya ke Manokwari untuk memastikan program vaksinasi Covid-19 nasional di Papua Barat berjalan sebagaimana komitmen TNI bersinergi dengan Pemerintah dalam serbuan vaksinasi di seluruh Indonesia.

“Kami terus berusaha mengedukasi masyarakat bahwa TNI siap melayani masyarakat Papua Barat yang belum divaksin. Kunjungan ini juga dalam rangka melihat secara langsung apakah prajurit kita yang saat ini sedang melaksakan Satgas Koramil sudah memahami tugas barunya,” ucapnya. (Amin)

Leave a Reply