Kejahatan di Banten Tahun 2021 Menurun, Kapolda Apresiasi Pelaksanaan Commander Wish Pendekar Banten

PORTALKRIMINAL.ID-SERANG: Kapolda Banten Irjen Pol. Dr. Rudy Heriyanto mengapresiasi jajarannya telah mengimplementasikan commander wish Pendekar Banten, antara lain Polisi yang empati, Ngayomi dan dekat dengan rakyat Banten selama tahun 2021.

Menurut Kabid Humas Polda Banten, AKBP Shinto Silitonga, jumlah kejahatan umum yang dilaporkan selama tahun 2021 mengalami penurunan yang signifikan. Hal ini disampaikan Kapolda Banten saat rilis akhir tahun di Gedung Serbaguna Polda Banten, Jumat (31/12/2021) siang.

Diterangkan oleh Shinto, sesuai hasil analisa dan evaluasi, terdapat 2.944 kasus tindak pidana umum yang dilaporkan ke Polda Banten. Angka ini menurun 1.167 kasus atau 28,38% bila dibandingkan dengan kejahatan yang dilaporkan pada tahun 2020 yaitu sebanyak 4.111 kasus.

“Penurunan angka kejahatan umum  terjadi pada perkara yang melibatkan perempuan dan anak,” ujarnya.

Kapolda Banten menaruh perhatian besar terhadap kasus kejahatan umum terutama yang dilakukan oleh kelompok berandalan jalanan dengan membawa senjata tajam saat melakukan aksi di jalanan dan mencari korban secara random.

“Saya sudah perintahkan jajaran untuk tidak ragu mengambil tindakan tegas bahkan dengan tembak di tempat terhadap berandalan jalanan dengan prioritas untuk menyelamatkan jiwa dan nyawa orang lain termasuk petugas itu sendiri saat berada di lapangan,” urainya lagi.

Kapolda sangat optimis bahwa pada tahun 2022, kejahatan jalanan akan semakin dapat dikendalikan. (Warto)

Leave a Reply