Jaksa Agung: Bangun Diklat Kejaksaan Berbasis Corporate University

PORTALKRIMINAL.ID- JAKARTA: Jaksa Agung minta Badan Diklat Kejaksaan segera bangun Diklat berbasis  Corporate University (Corpu).

Permintaan ST. Burhanuddin yang disampaikan dalam kunjungan kerja (Kunker) virtual, Kamis (30/12) malam  terkait perubahan UU Kejaksaan yang juga mengatur ketentuan menyelenggarakan pendidikan.

“Berdasarkan hal tersebut saya minta Corpu harus selaras dengan visi misi organisasi, ” perintah Jaksa Agung.

Menurut Burhanuddin, dengan perubahan pola tersebut, maka Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Kejaksaan tidak hanya melatih dan mengembangkan kompetensi pegawai.

“Lebih dari itu, juga membawa budaya perubahan pada organisasi,” terangnya.

Keinginan Jaksa Agung ini sejalan dengan visi dan misi Kepala Badan Diklat Kejaksaan Tony Tribagus Spontana.

Jauh sebelum ini,  Tony T. Spontana telah mencitakan pengembangan Diklat menuju pembentukan Universitas.

Bahkan, secara informal telah diskusikan dengan berbagai pihak agar pendidikan dan pelatihan Calon Jaksa lebih mendalam.

Dalam artian, pembentukan calon jaksa tidak hanya teknis penanganan perkara, tapi juga memahami filosofi serta pendekatan multi disiplin ilmu sehingga dapat memahami perkara secara holistik dan komprehensif.

UJUNG TOMBAK

Jaksa Agung secara terus terang mengatakan Badiklat Kejaksaan 
merupakan ujung tombak dalam mencetak kualitas, kapasistas dan kapabilitas calon generasi penerus.

“Untuk itu, saya sangat concern bagaimana calon generasi penerus kita dididik, hal ini dikarenakan kepada merekalah kelak tongkat estafet kepemimpinan akan dilanjutkan. “

Proses regenarasi, menurut Burhanuddin merupakan langkah investasi dari institusi,  yang manfaat dan hasilnya akan dapat dilihat dan dirasakan 10 atau 20  tahun yang akan datang. 

“Untuk itu saya tegaskan seluruh jajaran Badan Diklat untuk mempersiapkan penyelenggaraan diklat, widyaiswara dan model diklat secara matang, terstruktur dan komprehensif,” pungkasnya.

Kunker virtual ini  dihadiri Para Jaksa Agung Muda, Kaban Diklat Kejaksaan dan Para Kepala Kejaksaan Tinggi, Kepala Kejaksaan Negeri, dan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri dan para atase / perwakilan Kejaksaan di luar negeri. (ahi)

Leave a Reply