Kapolda Metro Jaya Resmi Buka Street Race di Ancol, Ketua IMI: Jadi Role Model Polda Lainnya

PORTALKRIMINAL.ID- JAKARTA: Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran resmi membuka ajang balap jalanan atau street race di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022).

Fadil menjelaskan ajang balap jalanan ini berbeda dengan balapan lain lantaran memiliki standar khusus baik dari segi keamanan, keselamatan hingga kelayakan yang harus dipenuhi. Kegiatan yang digelar ini bukanlah ajang balap liar, tetapi transformasi balap Street Race.

“Karena balapan ini punya standar khusus yang harus dipatuhi, sehingga jangan hanya bertransformasi nama saja tapi juga bertransformasi dari sisi syarat balapannya,” ujar Fadil di Ancol, Jakarta Utara.

Kapolda mengungkapkan ajang Street Race ini tidak hanya dilaksanakan di kawasan Ancol saja melainkan juga bisa diwujudkan dan diselenggarakan di seluruh wilayah DKI Jakarta.

“Banyak harapan, agar bukan hanya di Ancol yang dijadikan sebagai lokasi drag race atau road race. Tapi ini bisa mulai di galakan di seluruh Jakarta,” terangnya.

Dengan adanya ajang Street Race ini, Fadil berharap agar tidak ada lagi balap jalanan yang menganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat DKI Jakarta.

“Karena balapan sebelumnya tidak ada yang mewadahi, harapannya dengan ajang ini tidak ada lagi kata balap liar, yang ada transformasi balap jalanan. Ini juga bukan hanya seremonial tapi menjadi ikhtiar kita untuk bisa berkelanjutan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat sekaligus Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, street race yang digagas Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran ini, dapat menjadi role model atau contoh bagi Polda lainnya di seluruh Indonesia.

”Agar menjadi role model bagi Polda-Polda seluruh Indonesia. Dan yang penting menemukan bibit pembalap Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Bamsoet.

Bamsoet mengatakan, ini merupakan tugas IMI untuk mengedukasi para pembalap yang perlu diperhatikan keselamatan.

“Selaku IMI tugas kami bagaimana melakukan pengarahan atau pendidikan agar pengemudi balap diutamakan unsur keselamatan,” ungkapnya.

Bamsoet menyebut bahwa terdapat puluhan titik rawan balap liar. Namun, Polda Metro Jaya pun berencana akan mengadakan Street Race di kota penyangga Ibu Kota.

“39 titik rawan balap liar tidak hanya di Ancol tapi di kota penyangga juga akan diadakan. Harapannya sudah tidak ada lagi balap liar,” ujar Bamsoet.

Dalam peresmian ajang Street Race tersebut, turut hadir Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Ketua IMI Pusat Bambang Soesatyo, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto, Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo, Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin, dan Pembalap Nasional Rifat Sungkar serta Pejabat Utama Polda Metro Jaya. (Amin)

Leave a Reply