Poldasu Dalami “Penjara” di Rumah Bupati Langkat, Kabid Humas: Tidak Ada Izin

PORTALKRIMINAL.ID -MEDAN: Polda Sumatera Utara masih mendalami bangunan yang mirip penjara atau kerengkeng di rumah pribadi Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin-angin.

Kabid Humas Poldasu Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, tim gabungan Polda Sumut masih melakukan pendalaman dan pengumpulan informasi terkait keberadaan bangunan mirip penjara di kediaman pribadi Terbit Rencana Perangin-angin.

“Ini sedang di dalami, terkait informasi yang berkembang, ini terus digali dan tim sedang bekerja mencari fakta di lapangan. Informasi yang dapat diberikan masyarakat,” sebutnya.

Juru bicara Poldasu itu mengatakan, bangunan mirip penjara atau kerangkeng itu tida ada izinnya.

“Walau sudah lama berdiri namun sampai saat ini tidak memiliki izin,” sebut Hadi.

Disebutkan, penemuan bangunan mirip penjara itu diketahui saat tim KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di rumah Bupati Langkat pada Rabu (19/1/2022).

“Saat penggeledahan oleh KPK itu, terdapat 27 orang yang berada di dalam bangunan mirip penjara tersebut,” ucapnya, Senin (24/1/22).

Kata Kombes Hadi, keberadaan bangunan mirip penjara itu sudah ada sejak tahun 2012. Di dalam komplek rumah Bupati Terbit, terdapat 2 bangunan mirip penjara.

“Informasi awal dijadikan tempat rehabilitasi untuk orang yang kecanduan narkoba,” kata Hadi.

“Tahun 2017, BNNK Langkat, sempat berkoordinasi disana, kalau memang dijadikan tempat rehabilitasi, biar diberikan izin resmi. Tapi sampai detik kemarin, itu tidak ada,” jelasnya.

Terkait dugaan memperkerjakan orang yang berada di bangunan mirip penjara itu di kebun sawit, Kombes Hadi tidak menjelaskan secara detil.

“Sel nya ada, berupa ruang tahanan, itu betul. Ini tim sedang dalami. Kalau dugaan mempekerjakan karyawan yang ditahan, sampai saat ini segala informasi terus dilakukan pendalaman. Ada yang mengatakan mereka tiap pagi kerja di perkebunan,” tambahnya.

Sebelumnya Migran CARE mendapatkan informasi bahwa terdapat kerangkeng manusia di lahan belakang rumah Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin-Angin.(jos).

Leave a Reply