Portabes Surabaya Sita Sabu 46,6 Kg dan Ribuan Pil Koplo

PORTALKRIMINAL.ID -SURABAYA: Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Achmad Yusep Gunawan mengatakan Satreskoba Polrestabes Surabaya berhasil mengamankan sejumlah kurir sabu yang beroperasi di Surabaya dan sekitarnya.

Untuk pengungkapan yang pertama, kata Yusep, diamankan sejumlah tersangka diantaranya DV dan IF yang merupakan hasil pengembangan sabu yang diungkap sebelumnya oleh anggota di salah satu hotel di Lampung.

“ Dalam pengungkapan tersebut diamankan sabu seberat 45 Kg dimana keduanya merupakan kurir dari seorang Bandar yang berinisial JK (DPO),”jelasnya di Mapolrestabes Surabaya, Rabu (2/3/2022).

Dari pengakuan keduanya, kata pria kelahiran Tasikmalaya ini, mereka sudah menjadi kurir sebanyak 2 x dimana dalam menjalankan aksinya mereka mendapat upah Rp 100 juta dari Bandar.” Untuk pengiriman pertama 17 Kg dan yang kedua 45 Kg. Keduanya mengaku mau jadi kurir karena terlilit utang,”terangnya.

Dibeberkan oleh Yusep, setelah menangkap kedua tersangka, lalu dilakukan pengembangan lagi untuk memburu peredaran narkotika di Surabaya. “ Dikembangkan oleh anggota, lalu didapati kurir lagi berinisial ED. Lalu dilakukan penangkapan di rumahnya di daerah Pandegiling. Sabu disimpan di sebuah gerobak di depan rumah yang bersangkutan,” terang mantan Dirkrimsus Polda Jatim.

Dari pengakuan ED, kata alumni akpol 96, sabu yang di dapat merupakan milik salah satu napi di lapas di Jatim. “ Dia mengaku sudah dua kali kirim sabu dengan upah Rp 2 juta sekali kirim,”jelasnya.

Pengungkapan penangkapan ED tersebut, kata Yusep, membuka peluang untuk mengungkap kurir lainnya dalam pengembangan kasus peredaran narkotika.” Dari pengungkapan tersebut, dikembangkan lagi mendapati kurir lainnya berinisial MB dan AS,”jelasnya.

Saat dilakukan penangkapan keduanya, kata pria kelahiran 73 ini, diamankan barang bukti sabu sebanyak 3 kg yang disimpan di dalam tas tersangka. “ Lalu juga ditemukan barang bukti 4000 butir pil koplo. Sabu didapat dari DPO FN yang saat ini menghuni di lapas di Jatim,”terangnya.
Dalam pengungkapan penangkapan para kurir tersebut, penyidik Polrestabes Surabaya mengamankan barang bukti antara lain 46,6 Kg dan 4000 pil koplo.

Sedangkan pasal yang dijeratkan yaitu pasal 114 (2) KUHP dengan sanksi pidana maksimal hukuman mati. (Die)

Leave a Reply