Kombes Pol Zain Dwi Nugroho Dimutasi Jadi Kapolres Metro Tangerang Kota

PORTALKRIMINAL.ID-TANGERANG: Salah satu pejabat utama Polda Banten  yang dirotasi sebagaimana dituangkan dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST 747 dan ST 748 tanggal 14 April 2022, adalah Kapolresta Tangerang Kombes Pol Zain Dwi Nugroho dimutasi menjadi Kapolres Metro Tangerang Kota.

Zain, alumni Akpol 1997 akan menjabat Kapolres Metro Tangerang Kota menggantikan Kombes Pol Komarudin yang dipromosikan  sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat.

Kombes Pol Zain Dwi Nugroho kelahiran Demak, Jawa Tengah, 3 Mei 1976 itu menjabat Kapolresta Tangerang selama 4 bulan. Perjalanan karirnya tergolong cemerlang mulai tahun 2010 setelah dipercaya memimpin Polsek Metro Tamansari Polres Metro Jakarta Barat, selanjutnya Zain mengikuti Sekolah Staf dan Pimpinan Menengah (Sespimmen).

Sejumlah jabatan hingga membawa karirnya tetap moncer sampai saat ini antara lain, Zain pernah bertugas di Polda Aceh. Lalu dia kembali ditarik ke Ibu Kota sebagai Kanit IV/Satindag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Mengawali karirnya setelah selesai Sespimen, pernah menjabat  Kapolres Kota Magelang dan Kapolres Kabupaten Magelang.

Selanjutnya dari Magelang, Kombes Zain Dwi Nugroho  menjadi Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Jawa Tengah. Empat tahun berkarir di Jawa Tengah,  Zain  menjadi Sespri Kapolri semasa dijabat  Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Selanjutnya pada November 2018, dia  menjadi Kapolres Sidoarjo Polda Jawa Timur. Baru setelah bertugas selama dua tahun kemudian menjadi Direktur Reserse dan Kriminal Umum (Dirreskrimum) di Polda Riau.

Zain yang pernah pula menjadi Kapolsek Pamulang itu, nanti setelah dirinya dilantik Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran sebagai Kapolres Metro Tangerang Kota, dirinya meminta doa dan dukungan dari masyarakat Kota Tangerang. “Insya Allah, saya dapat  menjalankan tugas dengan baik dan amanah,” ujarnya, Sabtu (16/4/2022) sore.

Sementara itu, melalui Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Shinto Silitonga, terkait  penugasan Zain sebagai Kapolresta Tangerang dan beberapa pamen lainnya Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto  mengapresiasi kinerja para pamen yang ikut dalam mutasi ini karena performancenya yang luar biasa, terutama dalam menjalankan program vaksinasi, pemeliharaan kamtibmas dan juga pelayanan masyarakat saat bencana di Kota Serang lalu. (Warto)