Polres Metro Jakarta Pusat Turunkan 1.200 Pasukan Jaga Malam Takbiran hingga Lebaran

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi. (Ist)

PORTALKRIMINAL.ID-JAKARTA : Pengamanan aktivitas di ibu kota Jakarta diperketat saat perayaan Hari Raya Lebaran. Salah satu wilayah yang menjadi fokus pengamanan adalah Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi mengatakan, sebanyak 1.200 pasukan gabungan dikerahkan di sejumlah wilayah. Seperti di Harmoni, kawasan Monas, Sudirman-Thamrin dan wilayah Senayan, GBK.

Menurut Hengki yang mengenakam seragam dinas lengkap dan masker hitam itu, masyarakat Jakarta lebih dari 60 persen sudah melaksanakan mudik.

Keadaan kosong ini merupakan ambang gangguan yang bisa memicu terjadinya ganguan keamanan masyarakat.

“Kami tetap menjaga agar tidak terjadi gangguan Kamtibmas termasuk menjaga protokol kesehatan karena sampai saat ini pun kita harus tetap waspada khususnya,” tutur pria yang bakal menjabat sebagai Dirkrimum Polda Metro Jaya ini di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (1/5).

Hengki juga menegaskan takbir keliling juga dilarang.

Hal tersebut merupakan bagian dari operasi ketupat di Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk bersinergi mengimbau masyarakat tidak melakukan takbir keliling dan konvoi hingga pesta petasan.

“Ini sesuai surat edaran Menteri Agama Nomor 8 Tahun 2012. Kemudian juga di tahun baru tidak ada konvoi kendaraan dan sebagainya termasuk himbauan untuk tidak membunyikan petasan,” ujar Hengki yang juga lulusan AKPOL 1996 ini. (Nugroho)