Puncak Arus Balik, Polda Metro Siapkan Rute Alternatif Menuju Bandung

PORTALKRIMINAL.ID-JAKARTA : Polda Metro Jaya telah menyiapkan empat rute alternatif menuju Bandung saat penerapan one way di masa arus balik Lebaran 2022.

Terkini, polisi kembali menambah satu rute alternatif untuk dapat menuju Bandung tanpa harus terganggu adanya penerapan one way di jalur utama.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyabut penambahan rute alternatif menuju Bandung itu dilakukan lantaran situasi lalu lintas (lalin) di kawasan Puncak yang terpantau padat.

“Kami sebetulnya menyiapkan ada 5 rute alternatif, pertama adalah lewat Puncak. Namun, memang (sangat) tidak disarankan karena sebenarnya situasi lalin di Puncak tengah padat,” ujar Sambodo, Jum’at (6/5/2022).

“Jadi kami tambahkan 1 rute yang mana dari Gerbang Tol (GT) Ciawi pengendara diarahkan ke Sukabumi, kemudian Warung Kondang, Cianjur, dan nanti akan tiba di Bandung,” sambungnya.

Menurut Sambodo, rute alternatif menuju Bandung yang paling disarankan pihaknya adalah dengan melalui Jalan Tol Jagorawi dan keluar di GT Cibubur menuju Cileungsi hingga Jonggol.

“Setelah sampai di Jonggol terus ke arah Cianjur, kemudian Padalarang, dan berakhir juga di Bandung. Ini yang paling kita sarankan,” tuturnya.

Adapun untuk rute alternatif ketiga, lanjut dia, pengendara yang akan menuju Bandung dapat melalui jalur Kalimalang yang mengarah ke Kedungwaringin dan Karawang.

“Dilanjutkan ke arah Purwakarta, Wanayasa, Lembang, dan akan sampai juga di Bandung,” terang dia.

Untuk rute alternatif menuju Bandung yang terakhir, kata Sambodo, pengendara dapat melalui jalur Kalimalang yang mengarah ke Kedungwaringin, Karawang, Purwakarta menuju ke Sukatani.

“Kemudian dilanjut ke arah Darangdan, Cikalong, Padalarang, dan akan tiba di Bandung,” tukasnya.(Nugroho)