Wacana RKUHP Disahkan Bulan Juni, Sufmi Dasco: Keputusan di Tangan Komisi III DPR dan Pemerintah

Sufmi Dasco Ahmad.(ist)

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan pada bulan Juni ini Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana RKUHP akan disahkan menjadi undang-undang (UU).

Merespons hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menilai, waktu yang tersisa saat ini terlalu mepet untuk membahas kembali RKUHP antara DPR dengan pemerintah.

Namun, lanjut Dasco, dirinya akan terlebih dahulu mengecek kebenaran hal tersebut dengan komisi terkait yakni Komisi Hukum (Komisi III) DPR RI.

“Kalau KUHP saya nanti harus mengecek dulu Komisi teknis terkait, dalam hal ini dibahas oleh Komisi III DPR RI. Karena kalau bulan Juni ini kan sudah bulan Mei, jadi waktunya terlalu mepet,” kata Dasco kepada para wartawan, di Kompleks Parlemen, Selasa (17/5/2022).

Ketua Harian DPP Partai Gerindra ini mengatakan, keputusan tersebut tentunya tergantung pada komisi terkait yang akan melakukan pembahasan dengan pemerintah dalam hal ini Komisi III DPR RI.

“Saya pikir tapi itu tergantung nanti komisi teknis yang kemudian akan melakukan pembahasan,” ungkap Dasco.

Legislator asal Dapil Banten 3 ini masih belum dapat memastikan apakah ada isi draf RKUHP yang akan diubah.

“Soal revisi soal perubahan saya mesti cek komisi teknis karena saya tidak terlalu mengikuti,” tutup Sufmi Dasco Ahmad. (Daniel)