Polsek Kalideres Ringkus Kompolotan Curanmor, Sita Belasan Motor

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce di dampingi Kasat Reskrim AKBP Joko Dwi Harsono, Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar. (Warto)

PORTALKRIMINAL.ID-JAKARTA : Buser Polsek Kalideres Polres Metro Jakarta Barat, meringkus komplotan ranmor dengan modus penipuan terhadap anak dibawah umur. Kendaraan hasil kejahatan dijual di Lampung dilengkapi STNK duplikat. Salah satu penadah seorang wanita.

Dua pelaku berperan sebagai eksekutor  berinisial ER dan DS. Sedangkan penadah hasil kejahatan, tiga orang yaitu  STR, MR dan seorang wanita PF alias mbak Putri. Seluruh barang bukti yang sekarang berada di Polsek Kalideres sebanyak 14 unit.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce di dampingi Kasat Reskrim AKBP Joko Dwi Harsono, Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar dan  Kasi Humas Kompol Moch Taufik Iksan, menjelaskan pihaknya berhasil mengungkap kasus  ranmor dengan modus penipuan sasaran anak-anak dibawah umur yang mengendarai sepeda motor.

“Pelaku mencari  anak dibawah umur yang sedang mengendarai sepeda motor lalu dipepet  dan diberhentikan pelaku,” kata kapolres saat merilis kasus tersebut di Mapolres Metro Jakarta Barat, Kamis (19/5/2022) siang.

Dipaparkan oleh kapolres, pelaku
berpura-pura menuduh korban telah bertengkar dengan adik perempuan pelaku.”Untuk meyakinkan aksinya, salah satu dari mereka mengajak korban untuk bertemu dengan adik perempuan pelaku,” kata Pasma.

Lebih lanjut diterangkan kapolres, pelaku membawa dua korban dibonceng kurang lebih sejauh satu kilometer lalu diturunkan di pinggir jalan dengan alasan akan kembali ke lokasi. “Kawanan itu  pinjam motor korban untuk menjemput adik pelaku. Maka  setelah korban berhasil diperdaya selanjutnya kedua pelaku kabur membawa sepeda motor korban,” jelas kapolres lagi.

Masih menurut Pasma Royce, kedua pelaku sudah beraksi sebanyak 15 kali dalam setahun terakhir di sekitar wilayah Jakarta. Barang bukti sebanyak 14 sepeda motor berbagai merek berhasil diamankan. Selain itu plat nomor palsu sebanyak 56  dan  STNK Palsu sepeda motor berbagai merk, uang tunai sebesar Rp.200.000 dan perhiasan emas.

Kapolres menghimbau kepada masyarakat agar lebih bijaksana dalam memberikan kendaraan kepada anaknya yang terlebih masih dibawah umur. 

“Selain belum memenuhi persyaratan dalam mengendarai sepeda motor tentu juga dapat menimbulkan kerawanan aksi kejahatan,” ucapnya dengan menambahkan bagi yang  menjadi korban komplotan mereka bisa  melihat kendaraan di Polsek Kalideres dengan membawa surat kepemilikan.

Sementara Kapolsek Kalideres, AKP Syafri Wasdar, penangkapan komplotan ranmor yang berjalan singkat berkat kerja keras Kanit Reskrim Iptu Subartoyo dan Panit Reskrim Ipda Trisno dan anggotanya. Pengakuan para pelaku penadah, sepeda motor tersebut dijual di Lampung dengan harga antara Rp 4 juta  sampai Rp 5 juta dilengkapi plat nomor dan STNK duplikat. (Warto)