3 Debt Collector Rampas Motor Dibekuk Polisi di Kembangan, Modus Tipu Korban Tunggak Bayar

PORTALKRIMINAL.ID -JAKARTA: Unit Reskrim Polsek Kembangan Polres Metro  Jakarta Barat,  membekuk tiga debt collector diuga gadungan nerampas sepeda motor di kawasan Joglo,  Kembangan,  Jakarta Barat. Mereka, OYS (31), SB (26) dan YR (22). 

Kapolsek Kembangan,  Kompol Binsar H Sianturi menjelaskan, bermula dimana pelaku OYS  dan tiga rekannya memberhentikan korban Ilyas Ramadhan  pengendarai Honda Scopy di Pondok Indah.

“Para pelaku mengaku sebagai petugas leasing dan menuduh korban terlambat membayar angsuran dan denda pengambilan BPKB,” kata Binsar didampingi Kasi Humas Polres Metro Jakarta Barat, M.Taufik Iksan, Minggu (5/6/2022).

Kemudian, lanjut kapolsek,  pelaku mengambil kendaraan sepeda motor dengan memboncengi korban ke arah Jalan Raya Joglo,  Kembangan, Jakarta Barat.

Masih dituturkan kapolsek,  pelaku  yang mencoba kabur mengalami kecelakaan  menabrak sepeda motor dikendarai oleh seorang perempuan. Tak ampun lagi warga sekitar mengepung pelaku. 

“Beruntung anggota patroli kami saat itu menyelamatkan pelaku,” ucap kapolsek dengan menyebutkan pelaku yang pertama diamankan berinisial OYS. Sedangkan dua rekannya SB dan RY yang buron itu kini sudah diamankan polisi.

Menurut kapolsek, para pelaku sudah beraksi selama satu tahun dengan modus mengaku sebagai petugas debt collector dan mereka sudah merampas sepeda motor lebih dari 5 kali dan kendaraan hasil kejahatan dijual ke penadah dengan harga Rp 5 juta hingga Rp 4 juta.

Sementara Kanit Reskrim Polsek Kembangan, AKP Reno Apri Dwijayanto mengimbau kepada masyarakat jika menjumpai hal serupa agar segera melaporkan kepolsek terdekat. “Jangan mau diambil paksa debt collector di tengah jalan karena perbuatan mengambil motor milik orang lain ditengah jalan adalah rangkaian peristiwa tindak pidana. (Warto)