Ditreskrimum Polda Metro Jaya Tangkap Pemimpin Khilafatul Muslimin Abdul Qodir Baraja di Lampung

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap pimpinan tertinggi kelompok Khilafatul Muslimin atas nama Abdul Qadir Baraja yang berada di wilayah Lampung.

“Betul, Polda Metro Jaya menangkap pimpinan Khilafatul Muslimin bernama Abdul Qodir Baraja,” ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Zulpan saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (7/6/2022).

Zulpan belum membeberkan lebih rinci mengenai kasus apa yang membuat Abdul Qodir Baraja ditangkap. Ia hanya menyebut, Abdul Qodir diamankan di wilayah Lampung dan sedang dalam perjalanan ke Jakarta.

“Tim dari Polda Metro Jaya masih berada di Lampung untuk membawa yang bersangkutan (Abdul Qodir Baraja) ke Jakarta,” tuturnya.

Penangkapan Abdul Qodir Baraja diduga masih berkaitan dengan aksi konvoi puluhan motor anggota kelompok Khilafatul Muslimin yang membawa sejumlah atribut di Cawang, Jakarta Timur pada Minggu, 29 Mei 2022 lalu.

Kendati begitu, Zulpan belum menjelaskan status hukum dari pimpinan tertinggi Abdul Qodir Baraja dalam kasus ini.

“Nanti ya,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, viral aksi konvoi puluhan motor dengan membawa poster bertuliskan ‘Khilafatul Muslimin’ di Cawang, Jakarta Timur masih terus diselidiki polisi.

Para pemotor itu juga nampak membawa bendera berbahasa Arab berukuran besar. Sejumlah poster berisi pesan terkait khilafah pun turut dibawa peserta konvoi, salah satunya berbunyi “Jadilah Pelopor Penegak Khilafah Ala Minhajin Nubuwwah”.

Polda Metro Jaya menduga Khilafatul Muslimin turut mengajak masyarakat untuk bergabung ke dalam kelompoknya melalui aksi konvoi dengan membawa atribut-atribut khusus.

Selain itu, kelompok Khilafatul Muslimin juga menyebarkan informasi atau tulisan yang ditempelkan melalui poster untuk membangkitkan rasa kebencian terhadap pemerintah. (Amin)