Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo Raih Gelar Doktor di PTIK

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo/kanan. (Ist)

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Kepolisian RI penuh dengan prestasi kinerja dan akademik. Betapa tidak, Sambodo (panggilan akrab) teman teman seangkatannya di Akpol 1994 ini, hari Rabu (8/6) pekan lalu , berhasil meraih gelar doktor di gedung PTIK Jakarta.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, yang dibimbing Prof Adrianus Meliala berhasil mempertahankan disertasinya dengan judul “Analisa Time Series Yang Telah Dimodifikasi Terkait Perilaku Koruptif Kepolisian”. Sosok pribadi yang supel dalam bergaul dan suka blak blakan kini berhak menyandang gelar Kombes Pol Dr Sambodo Purnomo Yogo SIK, MTCP.

Memang walaupun berdarah Jawa, Sambodo yang lahir di Binjai (3 Juli 1973), Sumatera Utara, karakternya sangat terbuka, ini membuat Sambodo akrab dengan sejumlah wartawan yang menjadi “partner” dalam bertugas. Apalagi Sambodo cukup lama bertugas di lingkungan Polda Metro Jaya hingga menjabat Direktur Lalulintas PMJ lebih dari dua tahun ini.

Perjalanan karier dalam jabatan di Polri sejak lulus 1994, Sambodo mengawalinya di Polres Sukabumi. Tugas pertama di Sukabumi itu, menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Kemudian ia dimutasi ke wilayah Banten.

Prestasi dalam tugas yang dijalani Sambodo juga diikuti prestasi akademik. Setelah mengikuti PTIK, Sambodo, melanjutkan pendidikan di luar negeri dengan meraih gelar Master Transnational Crime Prevention (MTCP) dari Universitas Wollonggong, Australia.

Sekembalinya di lndonesia, Sambodo ditempatkan di Polres Metro Bekasi Kota. Rupanya pimpinan melihat potensi yang dimilikinya, sehingga ia yang saat itu berpangkat kompol, dipercaya menjabat Kasie BPKB di Ditlantas Polda Metro Jaya. Selain itu, Sambodo mendapat tugas khusus sebagai Koordinator Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya.

Sebagai koordinator TMC saat itu, Sambodo, menjadi partner yang baik bagi para wartawan yang meliput di Polda Metro Jaya. Sebab, TMC menjadi sumber informasi yang valid terkait situasi lalin di Jakarta dan sekitarnya. Termasuk jika terjadi kecelakaan dan tindak kriminal di jalan.

Setelah itu, Sambodo, ikut pendidikan Sespim (kini Sespimmen) di Lembang, Jabar. Selepas pendidikan ia ditugasi menjadi Kabag Operasional Polwil Purwakarta. Tugas yang cukup menantang ini saat mengatur lalulintas mudik lebaran. Karena saat itu jalan tol Trans Jawa, baru sampai Cikampek.

Prestasi ini kemudian menjadikan Sambodo dipromosi memimpin Satuan Lalulintas Polrestabes Bandung. Sambodo melakukan inovasi memutus birokrasi mempercepat pelayanan SIM di Polrestabes Bandung. Ia kemudian ditunjuk menjabat Kapolresta Banjar. Hanya beberapa bulan menjabat, ia kemudian dipromosi menjadi Wadirlantas Polda Metro Jaya (2013).

Setelah berpangkat Kombes, di Srena Polri, Sambodo dipercaya menduduki Karo Rena di Polda Sulut. Hanya setahun, ia ditarik ke Polda Metro Jaya sebagai Direktur Binmas. Sambodo, melakukan beberapa inovasi saat sebagai Dirbinmas PMJ. Salah satunya lomba Siskamling.

Awal tahun 2019, Sambodo mengikuti pendidikan Sespimti Polri. Dalam pendidikan Sespimti, Sambodo juga menunjukkan prestasi yang gemilang. Ia meraih predikat lulusan terbaik peserta Sespimti Ditreg 28. Sambodo, mendapat penghargaan langsung dari Kapolri Jenderal ldham Azis saat itu.

Rupanya di tengah kesibukannya sebagai Dirlantas Polda Metro Jaya, apalagi di saat pandemi Covid 19 melanda lndonesia, khususnya Jakarta yang menjadi daerah penyebaran tertinggi, Sambodo tetap melanjutkan pendidikan akademiknya dan berhasil meraih gelar doktor.

Menjelang lebaran tahun 2020 dan 2021, Sambodo harus bekerja keras, bahkan siang malam, memantau di lapangan ketika masyarakat dilarang mudik lebaran. Tapi semua itu dapat dilalui Sambodo dengan baik. Mudik lebaran tahun ini, yang berlangsung cukup kondusif, jajaran Korlantas Polri dan Ditlantas PMJ mendapat apresiasi positif dari Presiden. (Nico Karundeng)