Kejagung Periksa Manajer Akuntasi PT. WBP Cari Tersangka Skandal WBP

Puluhan Saksi Telah Diperiksa
PORTALKRiMINAL.ID -JAKARTA: Terus buru para pihak terkait guna menetapkan tersangka Skandal WBP (Waskita Beton Precast), Manajer Akuntasi PT. WBP SS diperiksa oleh Kejaksaan Agung
.

Perkara dugaan penyimpangan dan atau penyelewengan dalam penggunaan dana terjadi sejak 2016- 2020 dan kerugian negara mencapai sebesar Rp1,2 triliun.

Kapuspenkum Dr. Ketut Sumedana mengatakan SS diperiksa guna memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan perkara.

“Semua dalam rangkaian membuat terang perkara (lalu diikuti penetapan tersangka, Red), ” kata Ketut, Kamis (14/7) malam.

Sejak diterbitkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik), 17 Mei dan diikuti penggeledahan belum seorang pun dicegah ke luar negeri, meski sudah puluhan saksi diperiksa.

Perusahaan WBP adalah anak usaha PT. Waskita Karya (BUMN).

ANEKA PROYEK

Seperti disampaikan Kapuspenkum, Selasa (31/5) tim penyidik menduga dalam pelaksanaan penggunaan dana oleh PT. WBP  terdapat penyimpangan yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Hal dimaksud, adalah Proyek Pembangunan Tol Kriyan Legundi Bunder dan Manyar (KLBM).

Lalu, pekerjaan untuk memproduksi Tetrapod dari PT. Semutama,  Penggadaan Batu Split dengan penyedia PT. Misi Mulia Metrical (PT. MMM). 

Terakhir, Pengadaan Pasir oleh rekanan atas nama PT. Mitra Usaha Rakyat (PT. MUR).

Selain itu, tambah Ketut Tim juga menemukan   permasalahan atas transaksi jual beli tanah plant Bojanegara, Serang.

“Dalam perkara ini, perhitungan sementara oleh Tim Jaksa Penyidik, kerugian keuangan negara sekitar Rp1,2 triliun, ” pungkasnya. (ahi)

Exit mobile version