Proses Uji Balistik Secara Komprehensif, Timsus Temukan Glock 17 di TKP

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Tim khusus (Timsus) bentukan Kapolri hari ini menjalani pengembangan terkait pendalaman uji balistik labfor di lokasi tempat kejadian penembakan di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Senin (1/8/2022).

Berdasarkan pantauan di lokasi sekitar pukul 10.42 WIB,  beberapa petugas terlihat di lokasi. Pita kuning garis polisi masih terpasang di rumah tersebut. Timsus terlihat mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Sejumlah mobil polisi juga berjejer di lokasi.

Hadir di lokasi tersebut Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto dan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

“Hari ini progres Timsus melakukan pendalaman hasil uji balistik yang sudah dilakukan Puslabfor Polri. Dari hasil uji balistik terkait dua senjata ditemukan di TKP glock 17 dan pendalaman di Tempat Kejadian Perkara (TKP),” ujar Dedi di lokasi, Senin (1/8/2022).

Menurut Dedi, pertama untuk mengetahui sudut tembakan, kedua jarak tembakan, dan terakhir adalah sebaran pengenaan.

“Jadi didalami oleh Labfor hadir juga inafis hadir kedokteran forensik dan penyidik setelah pendalaman Dirpidum melakukan pendalaman,” papar Dedi.

Karena Timsus bekerja mengedepankan ketelitian kecermatan dan kehati-hatian akan disampaikan secara komprehensif dan memiliki konsekuensi yuridis. Proses pembuktian ilmiah jadi standar dalam penyidikan.

“Untuk kasus di Polda Metro Jaya, sudah ditangani oleh Timsus di bawah Dirpidum, kenapa dalam rangka untuk efekifitas efisiensi manajemen penyidikan agar tugas yang ditangani Timsus betul-betul sepatasnya bisa diungkap seterang-terangnya tentu dengan pembuktian secara ilmiah,” tambahnya.

Proses pendalaman uji balistik nanti akan disampaikan secara komprehensif Dirpidum. Baru kali ini pertama uji balistik dari hasil Labfor didalami di TKP yang melibatkan inafis, dokter forensik dan penyidik, gabungan dari Polda Metro dan Bareskrim Polri.

“Kami fokus pendalaman uji balistik yang sudah dilakukan Labfor di TKP untuk pemeriksaan saksi Dirtipidum nanti di Mabes Polri,” tuturnya.

Kesimpulan akhir secara komprehenif oleh Timsus nanti kita hadirkan Labfor, termasuk kedokteran forensik akan disampaikan. (Amin)

Exit mobile version