Kado di Hari Kemerdekaan RI ke-77, Polresta Tangerang Musnahkan 43 Kg Sabu 

PORTALKRIMINAL.ID-TANGERANG : Di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77, Polresta Tangerang memberikan kado istimewa dengan pemusnahan 43 kilogram sabu dan narkotika jenis lainnya di Lapangan Maulana Yudha Negara, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Rabu (17/8/2022) siang.

Pemusnahan berbagai barang haram itu dilaksanakan  pasca upacara kemerdekaan RI ke 77, disaksikan oleh Kapolresta Tangerang,  Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar, Dandim 0510 Tigaraksa Letkol Arh. Syarief SB serta unsur Forkopimda Kabupaten Tangerang.

Pemusnahan narkotika ini merupakan hasil pengungkapan sindikat besar pengedar narkoba jenis sabu dan ekstasi lintas provinsi dan lintas negara, serta menjadi sejarah baru bagi Polresta Tangerang dan Polda Banten dengan mengungkap narkotika jenis sabu seberat 43 kg dan 494 butir ekstasi. 

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma mengatakan,  penyidik Satres Narkoba Polresta Tangerang, sejak pertengahan Mei 2022 hingga akhir Juni 2022 lalu berhasil membongkar jaringan pengedar narkoba lintas provinsi lintas negara dengan 7 tersangka yakni ASY (28), DS (27), DM (23), MI (25), BY (54), RBS (26) dan ADS (28). 

“Pada pengungkapan itu, total penyitaan barang bukti narkoba dari sindikat pengedar narkoba lintas provinsi lintas negara ini pasca dilakukan penimbangan sebanyak 43,2 kg sabu dan 494 butir ekstasi,” kata Romdhon.

Diterangkan kapolres, selain barang bukti narkotika penyidik juga berhasil menerapkan tindak pidana pencucian uang kepada pelaku. “Tidak berhenti sampai disitu tim Satresnakroba Polresta Tangerang,  dibackup oleh Ditresnarkoba Polda Banten melakukan pengembangan dan berhasil menangkap ASP (25) di Kalimantan Barat,” jelasnya.

Tersangka ASP, menurut kapolres adalah anak tersangka BY dari perkawinannya dengan istri yang kedua. Dari penangkapan ini petugas melakukan penyitaan aset baik harta bergerak maupun tidak bergerak dan berhasil menyita uang tunai sebesar Rp. 1.101.806.700,-, satu Daihatsu Feroza dan satu mobil Wuling Confero.

Romdhon  menuturkan,  Polresta Tangerang terus berkomitmen memberantas segala bentuk peredaran narkoba. “Tidak ada satupun kejahatan narkoba yang kita toleransi, ini merupakan bentuk komitmen kami dalam memberantas peredaran narkoba di wilayah hukum Polresta Tangerang,” ujar Romdhon.

Sementara itu, Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar mengapresiasi kinerja personel Polresta Tangerang. “Saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tangerang mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Polresta Tangerang yang telah mengungkap para pelaku penyalahgunaan narkoba. 

Hal ini lanjut bupati,  merupakan kebanggaan semua,  bahwa Polresta Tangerang adalah bagian dan pelindung dari masyarakat Kabupaten Tangerang. “Semoga Polresta Tangerang diberikan lindungan oleh Allah dalam melakukan tugas dan kewajiban dalam melindungi masyarakat khususnya Kabupaten Tangerang,” cetusnya. (Warto)