Sjamsul Gate Terulang: Apeng Sakit, Diizinkan Berobat ke Luar Negeri?

Apeng Dibawa ke RSU Adhyaksa
PORTALKRiMINAL.ID-JAKARTA: Nyaris terulang peristiwa 19 tahun lalu, ketika tersangka BLBI Sjamsul Nursalim ‘beralasan’ sakit, diizinkan berobat ke Jepang dan tidak balik lagi ke tanah air.

Pembedanya kali ini, Kejaksaan Agung bersikap tegas ketika menghadapi situasi sama dan minta Konglomerat Apeng alias Surya Darmadi dirawat di RSU Adhyaksa, Ceger, Jakarta Timur.

Selain itu juga, tidak ada permintaan dari Mantan Buronan untuk berobat ke luar negeri, dengan dalih peralatan medis di dalam negeri kurang memadai.

Persamannya, Sjamsul dan Apeng adalah Taipan Terkemuka alias Konglomerat.

“Setelah pemeriksaan, kondisi tersangka (Skandal Duta Palma Group, Red) drop atau sakit. Tersangka dibawa ke RSU Adhyaksa, ” kata Kapuspenkum Ketut Sumedana, Kamis (18/8) malam.

Putusan membawa ke RSU Adhyaksa, menurut Ketut setelah dilakukan  pemeriksaan kesehatan oleh dokter.

“Pemeriksaan kesehatan tersangka SD atas saran penyidik setelah dilihat kondisinya drop, ” tambah Ketut.

Pertengahan Mei 2003, Sjamsul Nursalim dalam kapasitas tersangka BLBI Bank BDNI diizinkan berobat selama tiga minggu di Kokura Memorial Hospital, Osaka, Jepang.

Namun, izin berobat ke Jepang mulai 2. Mei -21 Juni yang diterbitkan Jaksa Agung Marzuki dengan penjamin Itjih  Nursalim,  notabene isterinya berujung petaka.

Sebab, usai dirawat di Jepang Sjamsul tidak pulang ke tanah air, sebaliknya ke Singapura dengan alasan relaksasi sampai akhirnya perkaranya dihentikan penyidikan, 13 Juli 2004.

Sampai kini, belum diketahui penyakit yang diderita mantan Buronan. Apeng, Senin (15/8) kembali dari pelariannya, di Taiwan.

KPK

Dari keterangan terkini,  Jumat (19/8) pagi Apeng menderita sakit serius, yakni sakit di bagian dadanya usai menjalani pemeriksaan selama 3 jam, Kamis (18/8)

Dari hasil pemeriksaan oleh dokter pada Klinik Pratama Pusat Kesehatan Kejagung tersangka harus jalani perawatan lanjutan.

“Untuk alasan kemanusiaan, Tersangka SD sementara waktu harus menjalani perawatan intensif di ICU RSU Adhyaksa, ” ungkap.

Dengan demikian, jadwal  pemeriksaan terhadap tersangka SD oleh KPK ditunda hingga kondisinya pulih.

“Tadinya, hari ini dijadwalkan pemeriksaan oleh KPK di Gedung Bundar, Kejagung, ” akhirinya. (ahi)