Sidang Kode Etik, Irjen Ferdy Sambo Kenakan Seragam Dinas Polri

PORTALKRIMINAL.ID – JAKARTA: Irjen Pol Ferdy Sambo menghadiri sidang kode etik dengan mengenakan seragam dinas Polri yang digelar di Gedung Transnational Crime Center (TNCC) Mabes Polri, Kamis (25/8/2022). Mantan Kadiv Propam menjadi tersangka pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Mantan Kadiv Propam tiba di tempat sidang sejak pukul 07.30 WIB. Sidang kode etik Ferdy Sambo dipimpin oleh Komjen Ahmad Dofiri. Kemudian selaku anggota sidang komisi, hadir pula Irwasum Polri, Kadiv Propam Polri, dan Gubernur PTIK.

“Sidang digelar tertutup,” ujar Ahmad Dofiri.

Selain terperiksa Ferdy Sambo, dalam sidang ini juga dihadirkan sejumlah saksi. Di antaranya mantan Karopaminal Divisi Propam Polri Brigjen Hendra Kurniawan dan mantan Karo Provos Dipropam Polri Brigjen Benny Ali.

Kemudian Kabag Gakkum Roprovost Divpropam Kombes Susanto, dan mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto.

“Saksi-saksi tersebut yang nanti akan dihadirkan antara lain ada Brigjen H, Brigjen B, ada Kombes B, Kombes A, dan satu lagi Kombes S,” jelas Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo.

“Itu nanti akan dihadirkan sebagai saksi sekaligus didalami oleh sidang komisi kode etik tentang apa yang menjadi konstruksi hukum pelanggaran kode etik profesi yang dilakukan Irjen FS,” tutur Dedi.

Lebih lanjut Dedi mengungkapkan, sidang kode etik ini dilakukan untuk memutuskan sanksi apa yang akan dijatuhkan terhadap Ferdy Sambo atas pidana yang dilakukan terkait pembunuhan Brigadir Yosua.

“Akan ditentukan hari ini juga sesuai dengan perintah Pak Kapolri, semua berjalan secara paralel dan harus cepat prose penyelidikan yang dilakukan oleh Tim Sidik Timsus,” ucap Dedi.

Selanjutnya, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah menyampaikan saksi yang dihadirkan dalam sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Irjen Ferdy Sambo total sebanyak 15 saksi. 10 saksi tambahan dihadirkan oleh Polri

“Total ada 15 saksi,” ujar Nurul Azizah.

Dari 15 saksi yang dihadirkan, terdapat nama Bharada Richard Eliezer alias Bharada E yang hadir di persidangan melalui Zoom.

“RE hadir melalui Zoom,” tambahnya.

15 Saksi yang dihadirkan terdiri dari 5 saksi dari Patsus Brimob, 5 saksi dari Patsus Provost, serta 3 saksi dari Patsus Bareskrim serta 2 saksi dari luar patsus.

Daftar 15 Saksi yang hadir:

1.    HK (Brigjen Hendra Kurniawan)
2.    BA (Brigjen Benny Ali)
3.    AN (Kombes Agus Nurpatria)
4.    S (Kombes Susanto)
5.    BH (Kombes Budhi Herdi)
6.    RS (AKBP Ridwan Soplanit)
7.    AR (AKBP Arif Rahman)
8.    ACN (AKBP Arif Cahya)
9.    CP (Kompol Chuk Putranto)
10.    RS (AKP Rifaizal Samual)
11.    RR (Bripka Ricky Rizal)
12.    RE (Bharada Richard Eliezer)
13.    KM (Kuat Maruf)
14.    HN (saksi di luar patsus)
15.    MB (saksi di luar patsus). (Amin)