Polda Banten Ikuti Vicon Pembahasan Rencana Pemerintah Pengalihan Subsidi BBM

PORTALKRIMINAL.ID- SERANG: Kapolda Banten Irjen Pol Prof. Rudy Heriyanto mengikuti vicon pembahasan rencana pemerintah untuk pengalihan subsidi BBM pimpinan Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono di Ruang Vicon Polda Banten, pada Selasa (30/8/2022).

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari bersama Pejabat Utama Polda Banten dan Kapolres jajaran yang mengikuti secara virtual.

Dalam arahannya, Wakapolri menjelaskan jika Polri akan mendukung dan mengawal setiap kebijakan pemerintah.

“Konsumsi dan subsidi BBM masih banyak yang belum tepat sasaran tepat sasaran dan perkembangan harga minyak dunia yang dipengaruhi oleh konflik geopolitik Rusia Ukraina menjadi penyebab pemerintah memiliki rencana menaikkan harga BBM,” kata Gatot.

Wakapolri menambahkan pemerintah juga telah menyiapkan program bantalan nasional dan Polri siap mengawal program tersebut.

“Menindaklanjuti penyesuaian harga BBM, pemerintah telah menyiapkan program bantalan sosial untuk melindungi daya beli masyarakat dan menahan laju peningkatan angka kemiskinan dengan memberikan BLT dan BSU. Polri mendukung penuh program bantalan ini,” tutur Gatot.

Selanjutnya, Wakapolri menekankan kepada jajaran untuk melakukan langkah-langkah antisipasi terkait penyesuaian harga BBM dengan melakukan kegiatan preemtif, preventif dan gakkum.

“Untuk kegiatan preemtif lakukan sosialisasi secara masif, berilan edukasi kepada masyarakat oleh Bhabinkamtibmas dan berikan edukasi di ruang digital,” kata Gatot.

Kemudian untuk kegiatan preventif lakukan patroli keliling di SPBU, lakukan pengawasan dan pengamanan, tugaskan personel berseragam di SPBU.

“Untuk kegiatan gakkum laksanakan penegakan hukum secara tegas terhadap pelaku penyelewengan BBM subsidi dan tindak tegas pelaku korupsi yang berkaitan dengan distribusi¬† bantalan sosial,” tutup Gatot. (Amin)