Fenomenal, Polres Jakarta Pusat Ungkap Pengiriman 1.590 Butir Ekstasi

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA :satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat (Jakpus) mencokok kurir narkoba berjenis ekstasi. Dari dua pelaku, Satres Narkoba mengamankan 1.590 butir ekstasi.

“Dua tersangka ini kita amankan dengan barang bukti sebanyak 1.590 butir ekstasi. Keduanya dikenakan Pasal 114 ayat 2 subsider Pasal 112 ayat 2 UU 35/2002 tentang Narkotika. Ancaman hukuman 20 tahun penjara, seumur hidup, dan sampai hukuman mati,” kata Kasat Resnarkoba Polres Metro Jakpus Kompol Rango Siregar, saat konferensi pers pengungkapan kasus mingguan, di Polres Metro Jakpus, Jumat (9/9).

Dia menjelaskan, pada Kamis (1/9), Sat Resnarkoba Polres Jakpus melakukan penyelidikan dan langsung melakukan penangkapan terkait info peredaran narkoba jenis ekstasi di wilayah Jakarta.

“Kami mengamankan 2 pelaku dengan barang bukti 990 butir ekstasi dan selanjutnya melakukan pengembangan, kemudian berhasil mendapati lagi 600 butir ekstasi. Setelah melakukan penangkapan dan penggeledahan, kami langsung melakukan cek ke Puslabor Forensik, hasilnya, benda-benda tersebut mengandung zat amfetamin (narkotika golongan I bukan jenis tanaman). Kami juga menetapkan dua tersangka dan 1 DPO,” katanya.

Untuk TKP, lanjutnya, Satres Narkoba melakukan penangkapan di Jakarta Barat (Jakbar).

 “Ekstasi tersebut akan diedarkan di wilayah Jakarta. Total senilai Rp 960 juta dengan total korban yang dapat diselamatkan sebanyak 3.200 orang,” katanya.

Untuk kedua pelaku, lanjutnya, baru pertama kali, ditugaskan sebagai kurir.

“Produksi ekstasi tersebut masih diselidiki, apakah masuk dari luar negeri atau diproduksi di wilayah Indonesia,” katanya.

Terkait modus operandinya, Rango mengungkapkan, kedua pelaku dikendalikan oleh tersangka yang masih DPO.

“Ketika ingin melakukan pengantaran, kedua tersangka kami amankan,” katanya (Nugroho)