UMUM  

Filosofi Irjen Suwondo Nainggolan, di Situ Bumi Dipijak, di Situ Langit Dijunjung

PORTALKRIMINAL.ID- YOGYAKARTA: Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan berpegang filosofi di situ bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Suwondo baru dilantik pada Oktober 2022 lalu.

Memasuki Bumi Mataram, Irjen Pol Nainggolan ingin menyatu dengan masyarakat Jogja, sebagaimana kehadirannya pada Pagelaran Wayang Kulit Tiga Dalang, di Gedung Taman Budaya Gunungkidul, pada Sabtu (5/11/2022) lalu.

Pagelaran Wayang Kulit 3 Dalang ini dihelat dalam rangka Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Perkumpulan Warga Gunungkidul Nasional Periode 2022-2027. Perkumpulan Warga Gunungkidul Nasional sendiri merupakan organisasi warga Gunungkidul yang merantau ke luar wilayah.

Seusai melantik Para Pengurus, Bupati Gunungkidul H. Sunaryanto berpesan, agar organisasi ini dapat menjalin silaturahmi sesama warga Gunungkidul di perantauan. Selain itu, dirinya juga berharap peran serta dari para tokoh hebat Gunungkidul.

Pengukuhan pengurus ini sendiri ditandai dengan penyerahan Pataka Perkumpulan Warga Gunungkidul Nasional kepada Ki. Dr. H. Yanto, S.H., M.H. dari Kapolda DIY. Kapolda DIY juga menerima plakat Perkumpulan Warga Gunungkidul Nasional dari Ki Dr. H. Yanto, S.H., M.H.

Untuk menandai dimulainya pagelaran, Kapolda memotong tumpeng dan menyerahkan kepada Ki Dr. H. Yanto, S.H., M.H. Serta menyerahkan Wayang Tokoh Semar, kepada Ki Dr. H. Yanto, S.H., M.H.

Selain Ki Yanto, dua dalang lainnya adalah Ki Mulyono dan Ki Sri Kuncoro Brimob. Ki Sri Kuncoro memliki latar belakang sebagai Anggota Polri, yang berdinas di Korps Brimob Polri, Kelapa Dua. Lakon yang dimainkan pada pagelaran ini adalah “Wisanggeni Lahir”.

Lakon “Wisanggeni Lahir” ini sendiri menjadi sangat istimewa jika dikaitkan dengan sosok Irjen Pol Suwondo Nainggolan. Sekalipun tidak lahir sebagai orang Jawa, Irjen Pol Suwondo Nainggolan menyatakan, bahwa bertugas di DIY ini mendorongnya untuk lahir kembali menjadi bagian dari masyarakat Jogja.

Kapolda DIY nampak terkesan dengan langsung menyalami seusai penyerahan Wayang, sebelum pagelaran dimulai.

Hadir pula pada Pagelaran tersebut, Paniradya Pati Keistimewaan Aris Eko Nugroho, S.P., M.Si., Wakil Bupati Heri Susanto, S.Kom, M.Si., Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntaringsih, S.E., beserta Pejabat Forkopimda lainnya. (Amin)