Kapolda DIY Senkom Mintra Polisi Berperan Jaga Kamtibnas dan Kesatuan NKRI

PORTALKRIMINAL.ID – KULONPROGO: Senkom Mitra Polri Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diminta terus berperan aktif membantu Kepolisian dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Salah satunya melalui Jaga Warga, mengendalikan sekaligus membantu menghentikan kejahatan jalanan dan tawuran.

“Dalam pertemuan, bapak Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan minta pengurus dan anggota Senkom Mitra Polri DIY juga membantu mengatasi masalah-masalah di lingkungan masyarakat (problem solving),” kata Humas Biro Publikasi Humas dan Antar Lembaga (PHMAL) Senkom Mitra Polri DIY, Sulistiyono di Sekretariat Senkom Mintra Polri Kulonprogo, Kalurahan Margosari Kapanewon Pengasih, pada Jumat (18/11/2022) kemarin.

Hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Senkom Mitra Polri DIY, Budi Hartono bersama pengurus harian dan Ketua Senkom Mitra Polri Kota/Kabupaten se-DIY.

Lebih lanjut, Sulistiyono mengungkapkan dalam arahannya Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan juga mengingatkan Senkom Mitra Polri DIY harus siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan membangun sinergitas bersama kepolisian dan stakeholder lainnya.

Sementara itu Ketua Senkom Mitra Polri DIY, Budi Hartono menyatakan selalu siap jika dilibatkan dalam kegiatan yang diadakan Polda IY. Apalagi saat ini Polda DIY dan Senkom Mitra Polri DIY telah menandatangani Pedoman Kerja antara Senkom Mitra Polri DIY dengan Polda DIY tentang Peran Serta Senkom Mitra Polri Dalam Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat. Selanjutnya pedoman kerja tersebut akan segera diimplementasikan di jajaran senkom tingkat kabupaten/kota.

“Pedoman kerja tersebut menjadi acuan bersama antara senkom kabupaten/ kota dengan Polres dan Polresta untuk terus bersinergi menjaga Kamtibmas,” ungkap Budi.

Seperti diketahui, Senkom Mitra Polri merupakan kelompok masyarakat yang ingin berperan dalam membantu menginformasikan dan membantu pengamanan lingkungan di sekitarnya atau di mana saja berada serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pengamanan swakarsa di lingkungan masing-masing sebagai wujud Bela Negara dengan semangat patriotisme dan nasionalisme dalam wadah NKRI.

Senkom Mitra Polri dibentuk sebagai tindaklanjut pelaksanaan UU no 2/2002 tentang Pamswakarsa. Sehingga pada 1 Januari 2004 dibentuklah Senkom Mitra Polri sebagai wadah kelompok sadar kamtibmas oleh anggota mitra kamtibmas Mabes Polri. (Amin)