Polda DIY Sterilisasi Kediaman Calon Mantu Jokowi dan Lakukan Rekayasa Lalulintas

PORTAlKRIMINAL.ID – SLEMAN: Tim Jibom  Detasemen Gegana Sat  Brimob Polda DIY mulai mensterilisasi kediaman Erina Gudono, calon menantu presiden Republik Indonesia Joko Widodo

Hal itu dilakukan, mengingat acara tersebut akan dihadiri oleh banyak tamu VVIP negara, termasuk presiden Joko Widodo selaku calon mertua Erina.

Seperti diketahui sebelumnya, CEO Wedding Organizer Pengantin Production, Dani Wigung mengungkap, rumah Erina dan lahan tambahan yang sudah dipersiapkan sebelumnya, akan menjadi lokasi beberapa tahapan pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina.

“Hanya ada sekitar 150 orang yang diundang dalam acara di rumah pengantin perempuan,” ujar Dani, Rabu (7/12/2022).

Acara yang berlangsung di rumah itu, antara lain semaan Alquran diikuti pengajian, pada Kamis (8/12/2022). Selanjutnya, pemasangan bleketepe tuwuhan, cetik geni adang sepisanan, siraman, midodareni, nyantrik (untuk Kaesang), pada Jumat (9/12/2022).

“Tamu sangat terbatas dan semuanya akan menggunakan barcode, jadi tidak sembarangan orang bisa masuk ke area ini,” paparnya. 

Dari pantauan di lokasi, tim penjinak bom berseragam datang ke kediaman Erina, di Padukuhan Purwosari, Kalurahan Sinduadi, Kabupaten Sleman sekitar pukul 13.30 WIB.

Mereka datang lengkap dengan peralatan yang biasa mereka gunakan, untuk mendeteksi keberadaan bom atau benda asing lain yang berpotensi membahayakan.

Tim langsung bekerja sejak memasuki kawasan jalan masuk di lokasi kegiatan, menuju titik utama yang berada tepat di depan rumah Erina.

Di area yang terlihat megah dan telah didekorasi, tim mengamati dan memeriksa setiap sudut area. Langkah yang sama juga dilakukan di titik lain, yang terdapat beberapa peralatan pendukung tata suara untuk perhelatan kegiatan. Bahkan grill pada penyejuk udara juga dicek oleh tim jibom tersebut.

Berikutnya, area kediaman Erina yang sedang didekorasi oleh tim dengan gaya dapur kuno untuk pelaksanaan cetik geni adang sepisanan, mendapat giliran pengecekan.

Sebelumnya, Wakapolda DIY Brigjen Pol Slamet Santoso menyampaikan sekitar 400-500 personil kepolisian akan diterjunkan untuk mengamankan pernikahan Kaesang Pengarep dengan  Erina Gudono. Pengamanan dilakukan dalam rangkaian prosesi akad nikah yang dimulai pada Kamis (08/12/2022) hingga Sabtu (10/12/2022) mendatang.

Polda DIY juga akan melakukan rekayasa lalulintas di beberapa titik. Rekayasa lalulintas dilakukan untuk menghindari kemacetan karena beberapa acara juga dilakukan pada akhir pekan ini.

“Karena ada beberapa event pada hari itu dan masyarakat juga bisa melaksanakan kegiatannya masing-masing, jadi (rekayasa lalulintas) berjalan simultan lah,” ungkap Slamet Santoso di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, pada Senin (5/12/2022).

Menurut Slamet, pengamanan dilakukan di sekitar kediaman Erina di Mlati, Sleman. Selain itu di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo yang rencananya akan menjadi tempat akad nikah Kaesang-Erina.

“Kita prinsipnya adalah mengamankan seluruh wilayah DIY dalam hal ini kita terbiasa selama weekend Jumat, Sabtu, Minggu cuma nanti kita perkuat di tiap-tiap jalur,” jelasnya. (Amin)