Polda DIY dan Pemda Kabupaten Gunungkidul Siapkan Bibit Unggul Seleksi Penerimaan Anggota Polri

PORTALKRIMINAL.ID – YOGYA: Polda DIY menggelar Sosialisasi dan Pembinaan Latihan Penerimaan Anggota Polri TA. 2023 Panda DIY sebagai upaya untuk mengkampanyekan serta memberikan informasi kepada masyarakat.

Digelar di Taman Budaya Gunungkidul selama dua hari, kegiatan kali ini dihadiri langsung oleh Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, didampingi Bupati Gunungkidul H. Sunaryanta dan Pejabat Utama Polda DIY, Senin (12/12/2022).

Program Tunas Unggul Handayani atas kerjasama antara Polda DIY dengan Pemda Kabupaten Gunungkidul dalam menyiapkan bibit unggul penerimaan terpadu calon anggota Polri TA. 2023 dengan mengusung prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH).

Kapolda DIY dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas peserta pembinaan agar mempunyai daya saing pada seleksi yang akan datang.

“Ini bukan jaminan bahwa seluruh peserta pembinaan dapat menjadi anggota Polri, namun setidaknya kalian lebih siap dalam menghadapi kompetisi seleksi,” tegas Kapolda.

Menurutnya kegiatan ini bisa memberikan gambaran yang sebenarnya saat seleksi penerimaan nanti. Juga untuk memberikan evaluasi kepada peserta, agar peserta siap dan percaya diri dalam menghadapi kompetisi.

Kapolda yakin Putera-Puteri Gunungkidul mempunyai potensi yang tinggi untuk menjadi anggota Polri.

“Di kesempatan ini saya berikan semangat kepada putera-puteri Gunungkidul bahwa semua mempunyai hak yang sama. Ikuti aturan yang berlaku, berlatih dan belajar untuk mempersiapkan kompetisi. Saya pastikan tidak ada biaya yang dipungut pada proses penerimaan anggota Polri,” tutur Kapolda.

Dirinya berharap para peserta bisa mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh. Sehingga nantinya mendapatkan hasil maksimal.

“Saya selaku Kapolda DIY berharap kegiatan ini mampu menjadikan Pemuda/Pemudi Gunungkidul mampu berkompetisi dengan unggul dan berkualitas di penerimaan Polri tahun mendatang,” paparnya.

Sementara itu, Kabag Dalpers Biro SDM Polda DIY AKBP Bowo Gede Imantio menjelaskan, Kabupaten Gunungkidul menjadi pilot projects dalam sosialisasi rekrutmen Polri yaitu dengan tersedianya wadah bagi ratusan pemuda yang disebut Tunas Unggul Handayani (TUH).

Mereka telah dipersiapkan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan oleh Polda DIY bersama dengan Pemda Kabupaten Gunungkidul untuk mengikuti seleksi penerimaan anggota Polri.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaring animo pendaftar yang memungkinkan untuk masuk sebagai anggota Polri tahun anggaran 2023,” ujarnya.

Dalam sosialisasi rekrutmen Polri tersebut didirikan stan-stan tampilan satuan anggota polri seperti Brimob, Lantas, Polairud, Pamobvit, Sabhara, Dokkes dan lainnya. Selain itu juga terdapat pelayanan konsultasi bagi peserta. (Amin)